PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS HERITAGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI KOTA MADIUN

Khoirul Huda

Abstract


Perkembangan pemanfaatan beragam aplikasi modern saat ini cukup bervariasi dan memberi peluang pendidik guna merancang komponen pengajaran yang menarik terutama media pembelajaran.Tetapi perihal pemanfaatannya jarang terlihat di SMP Kota Madiun.Berdasarkan pengamatan diperoleh informasi bahwa kurang adanya pengembangan media pemanfaatan komponen multimedia dan aspek materi belum memanfaatkan potensi lingkungan sekitaruntuk sumber belajar.Tujuan penelitian untuk mengembangkan multimedia heritage sampai terbentuk prototype media yang telah diuji.Jenis penelitian adalah R&D. Hasil penelitian bahwa pada skala diperluas di SMP N 6 Madiun menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diterapkan multimedia heritage.Terbukti nilai pre-test 64,64 dan post-test 93,21 dengan signifikansi 0,05 kemudian diuji statistik model Paired Samples T Test.Sehubungan aturan hipotesis statistik nilai perhitungan tersebut adalah < 0,05, makaH ditolak. Kesimpulan hipotesisnya H diterimasehingga ada peningkatan signifikan nilai siswa sebelum dan sesudah diberi multimedia heritage. Dapat disimpulkan media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 88 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats