Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Picture and Picture dan Menyanyi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Saradan Madiun

Yunita Kusrini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model picture and picture berbantuan metode menyanyi.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Saradan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adlah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture berbantuan metode menyanyi dalam pembelajaran IPS dalam materi kondisi geografis dan penduduk dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Saradan Madiun.Hal ini ditunjukkan pada siklus I sebanyak 46% tinggi, 36% sedang dan 18% rendah pada siklus II meningkat menjadi 22,72% sangat tinggi, 72,78% tinggi dan 4,5% sedang. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 77,95% menjadi 82,05% pada siklus ke II. Pada aspek afektif pada siklus I sebanyak 78,75% menjadi 83,12% pada siklus II.

 

 


Keywords


Prestasi Belajar; Picture And Picture; Metode Menyanyi

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Praktis Pengembangan Profesi Guru dan Konselor). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Alfajar, L.H. (2014). Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD

UNY.. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD UNY.

Aqib, Z. (2015). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hamdani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Sertia.

Hamdani, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Mulia.

Hujair Ah Sanaky, 2013.Media Pembelajaran Interaktif- Inovatif. Yogjakarta: Kaukaba Dipantara.

Indien. (2012). http://007indien.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-picture-and-picture.html.

Sardiman, A.M., (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. (20019). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract has been read : 11 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats