Penggunaan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi “Otonomi Daerah” SMP Negeri 3 Maospati Magetan

Suhadi Suhadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa kelas IX H SMP Negeri 3 Maospati. Dari jumlah siswa 22 orang yang mengikuti post tes pada bahan ajar Otonomi Daerah dengan pembelajaran model Take and Give, hanya 3 orang yang dapat dinyatakan lulus (14%) dan sisanya  19 orang dinyatakan belum lulus (86%). Oleh karena itu, untuk kasus tersebut perlu diadakan remedial klasikal. Proses remedial klasikal dalam kasus ini penulis lakukan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas.Penerapan metode  take and give dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa kelas IX H  SMP Negeri 3 Maospati. Dari aspek motivasi belajar siswa terjadi kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 rata-rata skor motivasi belajar siswa mencapai 57,4, sedangkan pada siklus 2 rata-rata skor motivasi belajar siswa mencapai 77. Nilai prestasi belajar siswa bisa dilihat dari hasil test yang dilakukan guru setelah selesai melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sebagai data awal atau prasiklus nilai rata-rata mencapai 57, kemudian siklus 1 mandapatkan nilai rata-rata 64. Pada siklus 2 nilai rata2 menacapai 78. Sedangkan data aktivitas guru menunjukkan ada kenaikan antara siklus 1 bila dibandingkan dengan siklus 2. Siklus 1 mendapat rata-rata skor 65 dan siklus 2 mendapat rata-rata skor 90.


Keywords


Metode Take and Give; Prestasi Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2013). Cooperative Learning Metode, Tehnik, Strukturdan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2012).Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar.Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suryabrata, S.(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Tim Bahasa Depdikbud. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract has been read : 41 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats