DAMPAK DOPARI TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SDN 02 MOJOREJO-TAMAN-KOTA MADIUN

Umi Nur Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak DOPARI terhadap sikap sosial siswa di SDN 02 Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Data yang digunakan bersumber dari data primer dan sekunder yang dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi/arsip kemudian diuji kebenarannya menggunakan triangulasi sumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DOPARI memiliki dampak positif terhadap sikap sosial siswa kelas IV SDN 02 Mojorejo. Para siswa lebih disiplin, ber tanggung jawab, santun, patuh pada aturan, dan percaya diri.


Keywords


DOPARI; Siswa Sekolah Dasar; Sikap Sosial

Full Text:

PDF

References


Al-Qudsy, M. Dan Nurhidayah, U. (2010). Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta: Madania.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitriyyah, D. (2016). Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng. Jurnal As-sibyān (Online). Vol. 1 (1), 6-7. (http://ejournal.uin-suka.ac.id, Diakses pada 18 Maret 2017 pukul 18.15 WIB).

Fitriyyah, D dan Zuchdi, D. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mendongeng di TK ABA Karangduwur dan TK Masyithoh Petanahan Kebumen. Jurnal Ling Tera (Online). Vol. 1 (1), 69. (http://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/2470,

Fitroh, S.F & Sari, E.D.N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo (Online). Vol. 2 (2), 98. (http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2606

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Hanif, M. (2010). Dongeng/Cerita Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 16(1).

Hanif, M. (2014). Meneropong Kampung Idiot, Perilaku Sosial Terhadap Warga Retardasi Mental Sidoharjo&Krebet. Madiun: Institut Press IKIP PGRI Madiun

Kartika, P.C. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak Melalui Karya Sastra Berupa Dongeng (Kajian Sastra Anak). Jurnal Stilistika (Online). Vol. 8 (2), 107. (http://journal.um-surabaya.ac.id,

Kulsum, U dan Jauhar, M. (2016). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lestari, N.D. (2015). Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahmudah, S. (2012). Psikologi Sosial: Teori & Model Penelitian. Malang: UIN-Maliki Press.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (Online). (http://bsnp-indonesia.org,

Rahman, A.A. (2013). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widyastuti, Y. (2014). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract has been read : 145 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i2.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats