KEMAMPUAN GURU DALAM ENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER (STUDI PADA GURU SMP NEGERI 3 GEGER MADIUN)

Suharto Suharto

Abstract


         Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan guru SMPN 3 Geger Kabupaten Madiun dalam  mengembangkan perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjeknya  guru IPS SMPN 3 Geger Madiun yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumen. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru IPS: (1) kurang terampil dalam merancang perencanaan pembelajaran IPS yang bermuatan karakter dan menganggap pendidikan karakter tidak harus melalui proses belajar mengajar tetapi melalui program pembiasaan, (2) kurang terampil memilih, memanfaatkan dan mengembangkan metode, media, sumber belajar yang mendukung tujuan pembelajaran berbasis karakter, (3) guru kurang terampil dan belum memahami pengembangan dan penyusunan assesment berbasis karakter. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu (1) belum dijabarkan nilai-nilai pada indikator dan disesuaikan dengan visi sekolah secara komprehensif, (2) pemahaman guru tentang nilai-nilai karakter  masih belum tuntas.


Keywords


Guru; Perencanaan pembelajaran; Karakter

Full Text:

PDF

References


Daryanto., Darmiatun, Suryati. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta: Gava Media.

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hanun Asroha, (2010). Kebijakan Nasional dan Paradigma Pendidikan Karakterdalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 02 Nomor 02 November 2013. Hal 351-352, diunduh 16 November 2017.

Harujanto, (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep., Rawi, Muchlas., Komarudin, Noer. (2010). Pendidikan KarakterTeori dan Aplikasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Jihad, Asep., Rawi, Muchlas., Komarudin, Noer. (2011) Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kesuma, Dharma, Triatna, Cepi., Permana, Johar. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2010). KTSP. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Pusat Kurikulum Kemendiknas. 2010.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2013), Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract has been read : 777 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i2.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats