Pengelolaan Kawasan Wisata Sejarah Monumen Kresek Pasca Pandemi COVID-19 Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

Tiswa Aprillia, Yudi Hartono, Khoirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap relevansi strategi pembelajaran dosen dengan memanfaatkan sumber pembelajaran di luar kelas berupa pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek pasca pandemi COVID-19 untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian kualitatif studi kasus. Tempat penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktit model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek melibatkan masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata  “Mekar” atau menerapkan Community Based Tourism (CBT). Sejak pandemi COVID-19, pengelolaan kawasan wisata sejarah Monumen Kresek diambilalih oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Madiun, sementara pengelolaan sehari-hari di lapangan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun. Pemerintah Desa Kresek juga terlibat dalam pengelolaan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Kresek. Warga terlibat berdasarkan penugasaan dari pihak-pihak tersebut seperti sebagai pemandu wisata. Strategi pembelajaran dosen dengan memanfaatkan sumber belajar di luar kelas yakni Pengelolaan Kawasan Wisata Sejarah Monumen Kresek Kabupaten Madiun pasca pandemi relevan dengan situasi dan kondisi mahasiswa pasca pandemi yang merupakan upaya meningkatkan motivasi belajar secara eksternal (ekstrinsik). Motivasi mahasiswa pendidikan sejarah cenderung meningkat dilihat dari respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilakukan dosen menjadikan mahasiswa tertarik dan terkesan sehingga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Keywords


Pengelolaan; wisata sejarah; sumber pembelajaran; motivasi belajar; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 120–128.

Arends. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erviana, D. (2018). Analisis Kualitatif Kandungan Sulfat dalam Aliran Air dan Air Danau di Kawasan Jakabaring Sport City Palembang. Jurnal Ilmu Kimia Dan Terapan, 2(2), 20–28.

Firmansyah dan Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112.

Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on students’ motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.90.

Moleong, L. . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono & Wekke. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta.

Mustikasari, D, Subagja, MR, Majid, R. (2022). Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Era New Normal Covid-19. KAMPRET Journal, 1(3), 60–68.

Rodsyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salim, H. (2012). Hukum Pertambangan di Indonesia. Jakarta, Raja Grafindo Perada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo. Abidin.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Trinova. (2013). Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada Materi PAI. Jurnal Al-Ta’lim, 1(4), 324–335.


Article Metrics

Abstract has been read : 129 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i2.18272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats