Dampak pengembangan bukit paralayang sebagai destinasi wisata terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Tatung Kecamatan Balong dan potensinya sebagai sumber belajar IPS SD

Fitriah Fitriah, Muhammad Hanif, P Parji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan dampak pengembangan Bukit Paralayang sebagai destinasi wisata terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dan potensinya sebagai sumber belajar IPS SD. Penelitian dilaksanakan di Desa Tatung mulai bulan April sampai dengan bulan November 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Bukit Paralayang berawal dari potensi Bukit Paralayang yang mendukung untuk dijadikan tempat olahraga paralayang dan wisata alam. Pengelolaan Bukit Paralayang seluruhnya dikelola mandiri oleh pihak pemerintah desa, didukung oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo. Dampak pengembangan destinasi wisata ini antara lain, peningkatan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, peningkatan pendapatan warga  masyarakat dan terciptanya peluang kerja baru. Dalam hasil penelitian juga dijelaskan bahwa Dampak pengembangan Bukit Paralayang juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS SD kelas IV.


Keywords


Dampak Pengembangan Bukit paralayang; Kehidupan Sosial Ekonomi; Sumber Belajar IPS SD

Full Text:

PDF

References


Larasati, D. (2019). Dampak Pembangunan Srambang Park Ngawi Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Dan Potensinya Sebagai Sumber Materi Pembelajaran IPS SD. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(1), 13. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.4864

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Prayudi, M. A. (2020). Prospek Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Kulonprogo. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 27-32. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7530

Rahayu, N. (2019). Pengembangan Sendang Bulus (Beji Pager) Menjadi Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Ponorogo Serta Potensinya sebagai Sumber Belajar IPS Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(1), 28-35. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.4990

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Nusa Media.

Rukun, R., & Hanif, M. (2021). Kesenian Gajah-gajahan di Kaponan Mlarak Ponorogo (Studi nilai budaya dan potensinya sebagai sumber pembelajaran IPS SD). Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(2), 165-175. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.11305

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Sedarmayanti, S., & Siswanto, E. N. (2014). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 11(3), 501-510. https://doi.org/ https://doi.org/10.31113/jia.v11i3.66

Sudarmiani, S. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bumi Aksara.

Suratmin, S. (2018). Pengantar Olahraga Rekreasi dan Olahraga Pariwisata. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract has been read : 473 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i1.12287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats