Pendidikan multicultural pada anak dalam keluarga Buddhis

Sukarti Sukarti

Abstract


Pendidikan multikultural perlu diberikan kepada anak sejak dini agar memahami berbagai keberbedaan, baik dari aspek etnisitas, ras, kultur, agama, dan jenis kelamin. Mengingat pentingnya penanaman pendidikan multikultur pada anak, maka keluarga memiliki tugas untuk memberikan pendidikan tentang multikultur. Fakta yang terjadi pada anak-anak, bahwa belum memiliki pemahaman yang benar tentang perbedaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan data kuantitatif sebagai pendukung. Penelitian dilaksanakan di Kota Madiun. Instrumen pokok penelitian adalah peneliti, instrumen kedua wawancara dan instrumen ketiga observasi serta instrumen kuesioner sebagai data pendukung. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis tingkat pemahaman multikultural pada anak dari keluarga Buddhis di kota Madiun belum maksimal dengan prosentase 39,5 dalam kategori cukup. Hasil wawancara dengan orang tua dari keluarga Buddhis dapat di deskripsikan bahwa orang tua telah berupaya secara maksimal dalam memberikan pemahaman, membimbing dan memberikan teladan dalam menghadapi perbedaan dan keragaman yang ada di masyarakat.


Keywords


pendidikan multikultural; anak; keluarga Buddhis

Full Text:

PDF

References


Abhayanando , A. (2006). Dhamma Inspirasi Kehidupan (Kumpulan Artikel). Vihara Dharma Ratna.

Al Hakim, S., & Utari, S. (2018). Pendidikan Multikultural. Madani Media.

Anggawati, L. (2007). Itivuttaka. Lembaga Anagarini Indonesia.

Ansari, A., & Arifin, R. M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Sebagai Konsep Pembangunan Karakter dalam Keluarga di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 18(2), 335-349. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/971

Carter, J. R., & Palihawadana, M. (2000). Dhammapada. OUP Oxford.

Handika, I. (2020). Strategi Pendidikan Multikultural di Lingkungan Keluarga. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas,

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Kencana.

Kartikawati, D. (2019). The Implementation of Multicultural Educational Communication within the Islamic Education and Character Development (IECD) Subject at Elementary Schools in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2), 256-267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v6i2.693

Kirom, A. (2021). Pendidikan Toleransi Pada Anak Keluarga Muslim Minoritas Dusun Kandangsari Desa Mororejo Kabupaten Pasuruan. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), 80-86. https://doi.org/ https://doi.org/10.35891/ims.v5i1.2764

Kusuma, W. H. (2013). Urgensi pendidikan multikultural bagi anak usia dini. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 2(1). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alughah/article/view/1508

Mahfud, C. (2015). Pendidikan Multikultural. Pustaka Belajar.

Makarao, M. T. (2013). Hukum perlindungan anak dan penghapusan kekerasan dalam rumah tangga. Rineka Cipta.

Masefield, P. (2000). The Itivuttaka (Vol. 48). Pali Text Society.

Maslikhah, M. (2007). Quo Vadis Pendidikan Multikultural, Pendidkan Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. JP Books.

Piyadassi, M. (2003). Spektrum Ajaran Buddha. Terjemahan oleh Hetih Rusli, Vivi, Titin Nengsi. . Yayasan Pendidikan Buddhis Tri Ratna.

Santiandriyani, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pengajaran Listening Menggunakan Lagu Islami Berbahasa Inggris. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars,

Tisnawati, N. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini di Perumahan PNS Kota Metro. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(01), 37-52. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i01.10

Tjakra, W. (2019). Pendidikan Buddhis Di Era Milenial. Dhammavicaya, 3(1), 22-27.

Ulfah, A., Asrori, M., & Tharaba, M. F. T. (2022). Pendidikan Pluralis-Toleran Di Lingkungan Keluarga Ngadas Poncokusumo Malang. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 16-29.

https://doi.org/https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.775

Woodward, F. (2011). Book of the gradual sayings (Anguttara-nik? ya), Vol. 2.


Article Metrics

Abstract has been read : 293 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i1.12157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats