Perilaku Pengguna E-accounting Berdasarkan Perspektif Combined-TAM-TPB (C-TAM-TPB)

Richo Diana Aviyanti

Abstract


Otomatisasi akuntansi dapat berdampak pada efisiensi bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat penggunaan sistem e-accounting. Sampel penelitian ini sebanyak 300 pelaku UMKM di Kota Madiun yang pernah menggunakan e-accounting. Data diambil dengan metode survei online dan dianalisis menggunakan PLS. Hasil studi menunjukkan kemudahan penggunaan, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-accounting. Analis dan pembuat sistem disarankan untuk membuat sistem yang mudah dioperasikan, memiliki lebih banyak keuntungan untuk mempermudah/efisiensi pekerjaan, dan mendukung digitalisasi

Keywords


Niat, Sistem Akuntansi, dan C-TAM-TPB

Full Text:

PDF

References


Aditya, I. M. F., & Putra, I. M. P. D. (2021). Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Norma Subjektif, Kualitas Informasi dan Minat Penggunaan: Studi pada Pengguna E-commerce. E-Jurnal Akuntansi, 31(5), 1317–1330.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Aviyanti, R. D. (2022). Perilaku Pengguna Sistem Dompet Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Pajak (JAP), 23(1), 1–15.

Awaluddin, I., Fitriaman, & Rizki, A. (2023). Pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku persepsi terhadap minat perilaku penggunaane-commerce (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Halu Oleo). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 215–227.

Ayuwuragil, K. (2017). Pengguna Gopay Keluhkan Dugaan “curi” Saldo dan Penipuan. CNNIndonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171207210703-185-260930/pengguna-gopay-keluhkan-dugaan-curi-saldo-dan-penipuan

Bank Indonesia. (2023). Waspada! Modus Penipuan Online Terbaru Lewat File .APK. Www.Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Waspada!-Modus-Penipuan-Online-Terbaru-lewat-File-APK.aspx

Choi, J.-C., & Song, C. (2020). Factors explaining why some citizens engage in E-participation, while others do not. Government Information Quarterly, 37(4), 101524.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. https://doi.org/10.2307/249008

Demirkan, S., Demirkan, I., & McKee, A. (2020). Blockchain technology in the future of business cyber security and accounting. Journal of Management Analytics, 7(2).

Durman, T. Y., & Musdholifah. (2020). Integrasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior Terhadap Intention to Use Mobile Payment (Studi Pada Pengguna OVO di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 621–633.

Elessa, M. S. (2023). The impact of e-accounting on information security: evidence from amman stock exchange. International Journal of Professional Business Review, 8(9), e03505. https://doi.org/https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i9.3505

Fatah, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Penggunaan E-Wallet Pasca Covid 19. Konferensi Ilmiah Akuntansi X, 1–13.

Hartono, J., & Abdillah, W. (2016). Konsep & Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris (Edisi Pert). BPFE-Yogyakarta.

Hesami, S., Jenkins, H. P., & Jenkins, G. P. (2023). Emerging Digital Technologies to Improve Tax Compliance and Administration Efficiency: A Systematic Literature Review.

Irimia-Diéguez, A., Velicia-Martín, F., & Aguayo-Camacho, M. (2023). Predicting Fintech Innovation Adoption: the Mediator Role of Social Norms and Attitudes. Financial Innovation, 9(36), 1–23.

Kamau, C. G., Asser, J. H., Ibua, M. P., & Otiende, I. O. (2023). Adoption of accounting mobile apps in Kenya: The effect of user reviews and user ratings. Journal of Accounting, Business and Finance Research, 16(1), 36–43.

Korhonen, T., Selos, E., Laine, T., & Suomala, P. (2020). Exploring the programmability of management accounting work for increasing automation: an interventionist case study. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 34(2), 253–280.

Kumparan.com. (2019). Waspada Modus Call Forward *21* untuk Curi Akun Gojek dan Kartu Kredit. Kumparan.Com.

Kumparan. (2020). 91 Juta Data Pengguna Tokopedia Dilaporkan Dijual Rp 73 Juta di Dark Web. KumparanTECH.

Maharani, S. A., & Sundari, E. (2024). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust dan Security terhadap Behavioral Intention to Use BRI Mobile (Studi Kasus: pada Pengguna BRImo di Kota Pekanbaru). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 161–176.

Melati, S., & Chariri, A. (2024). Fraud Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Dengan Penerapan E-Procurement Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi (JAK), 11(1), 18–31.

Mufarih, M., Jayadi, R., & Sugandi, Y. (2020). Factors Influencing Customers to Use Digital Banking Application in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 897–907.

Oteng-Peprah, M., Vries, N. de, & Acheampong, M. A. (2020). Households’ willingness to adopt greywater treatment technologies in a developing country – Exploring a modified theory of planned behaviour (TPB) model including personal norm. Journal of Environmental Management, 254(109807).

Prastiawan, D. I., Aisjah, S., & Rofiaty. (2021). The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Social Influence on the Use of Mobile Banking through the Mediation of Attitude Toward Use. Asia Pacific Management and Business Application (APMBA), 9(3), 243–260.

Putri, G. A., Widagdo, A. K., & Setiawan, D. (2023). Analysis of financial technology acceptance of peer to peer lending (P2P lending) using extended technology acceptance model (TAM). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100027.

Raharjo, R. J. H., Azizah, A. N., Bimantoro, A., Zulfian, V. R., & Prasetyo, E. (2023). Penerapan Enterprise Resource Planning Dalam Supply Chain Management Pada Minimarket Family Cukir. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 9(16), 670–683.

Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai alat Pembayaran pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 123–130.

Sodik, F., Zaida, A. N., & Zulmiati, K. (2022). Analisis Minat Penggunaan Pada Fitur Pembelian Mobile Banking BSI: Pendekatan TAM Dan TPB. Journal of Business Management and Islamic Banking, 1(1), 35–53.

Susanto, D., Anwari, K., Supriadi, F., & Sucipto. (2023). Determinan Faktor Keinginan UMKM Untuk Menggunakan Layanan Fintech Syariah: Studi Kasus UMKM Pontianak, Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1509–1516.

Taylor, S., & Todd, P. A. (1995). Understanding information technology usage: A test of competing models. Information Systems Research. https://doi.org/10.1287/isre.6.2.144

Teru, S. P., Idoko, I. F., & Bello, L. (2019). The Impact of E -Accounting in Modern Businesses. International Journal of Accounting & Finance Review, 4(2), 1–4.

Thomas, V. F. (2019). Kasus Pembobolan Saldo GoPay Tak Cuma Terjadi pada Maia Estianty. Tirto.Id.

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization1. Source: MIS Quarterly.

Thottoli, M. M., & Ahmed, E. R. (2022). Information technology and E-accounting: some determinants among SMEs. Journal of Money and Business, 2(1), 1–15.

To, A. T., & Trinh, T. H. M. (2021). Understanding behavioral intention to use mobile wallets in vietnam: Extending the tam model with trust and enjoyment. Cogent Business & Management, 8(1), 1–14.

Winarno, W. A., Mas’ud, I., & Palupi, T. W. (2021). Perceived Enjoyment, Application Self-efficacy, and Subjective Norms as Determinants of Behavior Intention in Using OVO Applications. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1189–1200.

Zuliyati, Robiyanto, F., & Karimah, I. (2022). Pengaruh attitude, subjective norm, perceived behavior control, herding dan pengetahuan akuntansi terhadap niat penggunaan sistem akuntansi terkomputerisasi pada UMKM di Kudus. Borobudur Accounting Review, 2(1), 70–79.


Article Metrics

Abstract has been read : 73 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v2i1.19304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FISCAL: Jurnal Akuntansi dan Perpajakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistic