Analisis Penerapan Manajemen Operasional (Desain Produk dan Rantai Pasokan) Pada UKM Rotan Kelompok Pahari Palangka Raya

Sri Rohaetin, Intan Norrahmi

Abstract


The method used in this research is descriptive method which is a method that aims to describe a problem clearly. The type of data used is primary data and secondary data. Data collection techniques consist of observation, interview and documentation. Data analysis was performed using qualitative data analysis techniques consisting of three stages of activities carried out sequentially namely reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the appropriate product design operational management to increase the sales results of the Pahari Palangka Raya Group Rattan UKM products is by applying eight aspects of product design (shape, features, performance, suitability, durability, reliability, style, and ease of repair) with priority on marketed products and prices. And in the proper supply chain operational management to increase the production output of the Pahari Palangkaraya Rattan Group UKM by implementing a strategy

Keywords


Management of Product Design, Supply Chain Operations

Full Text:

PDF

References


Adisaputo, Gunawan. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Cetakan ke-2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Assauri, Sofjan. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Edisi 3, Cetakan ke-2. Jakarta: Rajawali Pers.

Dudung, Agus. (2012). Merancang Produk. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haizer, Jay dan Render, Barry. (2016). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi ke-11. Jakarta: Salemba Empat.

Haming, Murdifin dan Nurnajamuddin, Mahfud. (2011). Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Edisi ke-2. Buku 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jacobs, Robert F dan Chase Richard B. (2015). Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan. Edisi ke-14. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Ma’arif, M. Syamsul dan Tanjung, Hendri. (2003). Manajemen Operasi. Jakarta: PT Grasindo.

Moleong, Lexy J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2017). Pedoman Penulisan Skripsi. Palangka Raya: Universitas Palangka Raya.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Alfianto, Eko Agus. (2014). Pengaruh Desain Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Merek New V-Ixion FI (Full Injection). Diunduh pada tanggal 9 Januari 2019, dari https://docplayer.info/221755-Pengaruh-desain-produk-dan-layanan-purna-jual-terhadap-keputusan-konsumen-membeli-sepeda-motor-yamaha-merek-new-v-ixion-fi.html

Riskiya, Eka. (2012). Analisis Strategi Desain Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Produk Mebel Antik CV. Gardu Antique Indah Situbondo. Diunduh pada tanggal 9 Januari 2019, dari http://etheses.uin-malang.ac.id/2023/2/08510141_Indonesia.pdf

Renata, Rio Pascal. (2018). Implementasi Supply Chain Management (SCM) Pada UKM Emping Mlinjo Di Sukoharjo. Diunduh pada tanggal 9 Januari 2019, dari http://eprints.ums.ac.id/60958/12/NASKAH%20PUBLIKASI_Rio_libraryums.pdf

Oktaviani, Olivia. (2015). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Distro Flashy Bandung). Diunduh pada tanggal 20 Desember 2018, dari http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/128

Wicaksono, Satria Adhi. (2015). Pengaruh Merek dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen. Diunduh pada tanggal 20 Desember 2018, dari http:lib.unnes.ac.id/21460

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU20Tahun2008UMKM.pdf&ved=2ahUKEwjSgNiV5oPgAhVLQI8KHWKxCd4QFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw19LC8HiAxurhWX8bbD7nTR. Di unduh pada tanggal 20 Desember 2018

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.umpo.ac.id/4123/3/3.%2520BAB%2520II.pdf&ved=2ahUKEwjjsJWokf_fAhWwgUsFHVV-DfEQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw3EOeinmubDmvoZliQK67yZ&cshid=1548082798926. Di unduh pada tanggal 15 Januari 2019

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.unpas.ac.id/28824/6/10.%2520BAB%2520II.pdf&ved=2ahUKEwiC4Mrmmf_fAhVIi3AKHb2tBuAQFjABegQIAhAB&usg=AOvVaw0k8egaEOy91VO-PEdhOrxW. Di unduh pada tanggal 20 Desember 2018

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3621/Bab%25202.pdf%3Fsequence%3D7&ved=2ahUKEwjyz6yXm__fAhWMto8KHTZrD08QFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw3P1nAB2cYbW6j_5OwJ5jAH. Di unduh pada tanggal 20 Desember 2018

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://yosnex.files.wordpress.com/2016/09/11_skripsi-scm-rantai-pasok.pdf&ved=2ahUKEwiY9Ibaov_fAhUQaI8KHW4MB2IQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw1xnGbuiz0YAFt2ZxdCGdSi. Di unduh pada tanggal 27 Desember 2018


Article Metrics

Abstract has been read : 12547 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats