ANALISIS DIMENSI SERVQUAL DALAM IMPLEMENTASI KUALITAS LAYANAN (Studi Kasus PT. Wahana Sumber Baru Jogjakarta - Nissan Magelang )_Universitas Tidar Magelang

Ayu Permata Kusuma Wardhani, Budi Rahardjo

Abstract


Dealer Nissan Magelang yang bernaung dibawah PT Wahana Sumber Baru Jogjakarta merupakan perusahaan swasta yang bergerak pada bidang otomotif yang menyediakan layanan servis mobil dan showroom mobil Nissan dan Datsun. Nissan Magelang termasuk dalam perusahaan yang memberikan layanan, maka Nissan Magelang harus selalu memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang diberikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga, dan Biaya . Yang berarti kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kualitas layanan pada Nissan Magelang melalui analisis dimensi SERVQUAL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa impementasi kualitas layanan pada Nissan Magelang berdasarkan dimensiSERVQUAL sudah bagus.

Keywords


Kepuasan; Kualitas Layanan; SERVQUAL

Full Text:

PDF

References


Kotler dan Keller. (2009). Manajemen

Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13.

Dialihbahasakan oleh bob sabran.

Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen

Pemasaran. Edisi ke tiga belas

Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran

Edisi 11. Jilid ke dua. Jakarta: PT

Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran

Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Nissan Datsun Magelang. (2019, Januari 10).

Nissan Datsun Magelang. Di akses dari

http://www.dealernissanmagelang.com/:

http://www.dealernissanmagelang.com/n

issan-magelang-dealer-resmi-mobilnissan-magelang.html

Nissan Datsun Magelang.2020.Arsip dan

Dokumen Nissan Datsun Magelang.Magelang:

Nissan Magelang

Nugrahani,Farida.2014.Metode Penelitian

Kualitatif.Surakarta.Cakra Books

Putra, Charisma ,dkk. (2018, Agustus).

PENGARUH KUALITAS

PELAYANAN TERHADAP

KEPUASAN DAN LOYALITAS

PELANGGAN (Survei pada Pelanggan

Bengkel AUTO 2000 Sukun Malang ).

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 61

No. 2.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif,Kualitatif dan R&D.

Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi

ke 2. Cetakan Pertama. Yogyakarta:

Andi Offset


Article Metrics

Abstract has been read : 325 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.6777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats