PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KERAJINAN KULIT KARTIKA MAGETAN

Sunarto Sunarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk pada toko kerajinan kulit Kartika Magetan dan untuk mengetahui keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas produk yang dihasilkan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling yang meliputi sampling kuota (quota sampling). Sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah kuota yang diinginkan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya meng- gunakan metode pengumpulan data kuesioner. Dalam menganalisis data menggunakan metode statistik dengan rumus regresi linier sederhana dan korelasi produk moment.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini berdasarkan atas hasil perhitungan regresi linier sederhana yang telah dilakukan dapat diperoleh persamaan Y = 9,5013 + 0,7607X yang artinya jika variabel kualitas produk (X) dinaikkan sebesar 1% maka variabel kualitas produk akan bertambah

0,7607%. Dengan nilai konstanta 9,5013 menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan akan konstan apabila kualitas produk (X) sama dengan nol (tidak ada), dengan asumsi faktor lain tetap atau tidak berubah nilainya. Selain itu didukung dengan uji determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar prosentase sumbangan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan untuk uji fisher diperoleh nilai fhitung  (21,735) sedangkan ftabel  (4,41). Hal ini berarti bahwa fhitung  (21,735) > ftabel  (4,41). Atas dasar uji Fisher tersebut dapat disimpulkan Ho tolak, artinya ada pengaruh secara keseluruhan kualitas produk dengan keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Selanjutnya dari perhitungan uji t diperoleh nilai thitung  (6,927) sedangkan ttabel  (1,725). Hal ini berarti bahwa nilai thitung  > ttabel dengan thitung (6,927) > ttabel (1,725). Atas dasar uji t tersebut dapat disimpulkan Ho  tolak, artinya ada beda pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara keseluruhan yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan.


Keywords


Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 2266 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EQUILIBRIUM Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

 
EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya P-ISSN: 2303-1565, E-ISSN: 2502-1575

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
View EQUILIBRIUM Stats