PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DAN PERILAKU KONSUMSI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang
tua terhadap prestasi belajar ekonomi dan perilaku konsumsi siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa jurusan IPS di SMA Negeri Kota Jombang Tahun Ajaran 2013/2014
sebanyak 155 orang dengan teknik propotional random sampling. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu data angket dan dokumentasi. Sedangkan metode
analisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap
perilaku konsumsi siswa. Begitu juga dengan prestasi belajar ekonomi berpengaruh
signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 2288 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.617
Refbacks
- There are currently no refbacks.