Dampak Manajemen Kas Terhadap Kinerja Start-Up (Studi Empiris Start-Up HIPMI PT Kota Semarang)

Ita Nuryana, Margunani, Kardiyem, Kemal Budi Mulyono

Abstract


Pada era digital 4.0 saat ini, perkembangan teknologi informasi meningkatkan aktivitas usaha baik secara lokal maupun internasional. Hal ini ditandai dengan munculnya beberapa perusahaan yang baru berkembang dan menawarkan produk atau jasa yang belum pernah ditawarkan kepada pasar, yang dikenal dengan istilah startup. Pertumbuhan jumlah startup di Indonesia terjadi secara signifikan. Akan tetapi perkembangan startup lokal di Indonesia dalam awal tahap pengembangannya masih belum bersifat konsisten sehingga sebagian besar startup lokal mengalami kegagalan dan sebagian lainnya melakukan perubahan besar terhadap model bisnis yang telah dikembangkan. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak manajemen kas terhadap kinerja start-up Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota HIPMI PT yang ada di Kota Semarang yang berjumlah 198. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh manajemen kas terhadap kinerja start-up. Simpulan dalam penlitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja start-up para pelaku start-up perlu meningkatkan manajemen kas dengan baik.


Keywords


Kinerja Start-Up, Manajemen Kas

Full Text:

PDF

References


Adhrevi, Aditya, Pengembangan Sistem Pengukuran Kinerja Startup Digital Pada Tahap Seed And Development D e n g a n P e n d e k a t a n I n t e g r a t e d Performance Measurement System JURNAL TEKNIK ITS Vol. 7, No. 1 (2018) 2337-3520 (2301-928X Print).

Brigham, E.F., dan Daves, P.R. (2004).

Intermediate Financial Management

th Ed., Thomson, South-Western.

Fauzan, Muhammad, Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja (Siklus Konversi Kas) Terhadap Profitabilitas Perusahaan ( R O A ) . D i p o n e g o ro J o u r n a l O f Accounting Volume 4, Nomor 3, Tahun

, Halaman 1-8.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BP Universitas Diponegoro

Jose, M.L., Lancaster, C., dan Stevens, J.L., (1996). Corporate Returns and Cash Conversion Cycle, Journal of Econo- mics and Finance, 20(1), p. 33-45.

Majeed, S. (2011). "The Impact of Com- petitive Advantage on Organizational Performance", International Journal of Business and Management, Vol.3, No.

, pp.191–197.

Margunani, Isti Hidayah, Rosidah, Laporan

Pelaksanaan PMW di Unnes 2013-2015

Martha, Iva Indarnika dan Indira Januarti. (2013). Pengaruh Siklus Konversi Kas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011. Diponegoro Journal of Accounting, 2 (2), Hal.1-11.

Tarabieh, S.M.Z.A., Ahmad, Z.A. & Siron, R., 2015. "The Synergistic Impact of Customer Orientation and Supplemen- tary Services on Competitive Advantage and Organizational Performance (Pilot Survey)", International Review of Management and Business Research, Vol. 1, No. 2, pp.484– 499.


Article Metrics

Abstract has been read : 2845 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats