Analisis Penggunaan Modul terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pajak

Meyta Pritandhari , Wakijo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan modul terhadap kemampuan pemahaman materi pajak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan bersifat case study. Hasil penelitian ini adalah penggunaan modul mempunyai dampak positif sebesar 85% terhadap kemampuan pemahaman materi pajak. Dengan adanya modul, pembelajaran mahasiswa tidak lagi terpusat pada gooogle saja tanpa adanya referensi lain yang mendukung. Sebagian besar mahasiswa yang tidak mempunyai referensi materi perpajakan terbantu dengan adanya modul perpajakan. Mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari materi perpajakan secara sistematis sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pemahaman materi pajak dapat ditinjau dari ketrampilan mahasiswa dalam menyelesaikan soal evaluasi dalam modul perpajakan

Keywords


Modul, Pajak, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. (2009).

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Daryanto. (2008). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media

Jihad , Asep & Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Lasmiyati, Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Mening- katkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 (2): 161-174.

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J.

(2014). Qualitative Data Analysis, A

Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Moleong, L. J.2007. Metodologi Penelitian Kua- litatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif M e m b u a t B a h a n A j a r I n o v a t i f . Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualtatif dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract has been read : 170 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

      
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
View EQUILIBRIUM Stats