Penerapan Metode Pemberian Balikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis Pada Siswa Kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang bagaimana peningkatan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis terhadap data tersebut, diketahui bahwa kompetensi siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian balikan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. (1993). Srategi Penelitian
Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arifin, Zaenal. (2008). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur P e n e l i t i a n ( S u a t u P e n d e k a t a n Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi et al. (2007). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. (2004).
Kurikulum SMK Edisi 2004 Bidang
Keahlian Bisnis dan Manajemen P ro g r a m K e a h l i a n A d m i n i s t r a s i Perkantoran, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,
Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembe- lajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Makmun, Abin Syamsudin. (2007). Psikologi Pendidikan, Perangkat, Sistem Peng- ajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
__________. (2006). Kurikulum yang D i s e m p u r n a k a n , P e n g e m b a n g a n Standar Kompetensi dan Kompetensi D a s a r . B a n d u n g : P T. R e m a j a Rosdakarya.
Nur, Muh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Prayitno. (2014). Dasar Teori dan Praksis
Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo.
Rachman, Saiful et al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC bekerja sama dengan Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur.
Rustiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Safary. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Asosiasi Peng- awas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2002). Metoda Statistika.
Bandung: Tarsito.
____________. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Penilaian Hasil Pembelajaran http://smacepiring.wordpress.com/ diakses tanggal 06/06/2014.
. (2014). Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran . http://smacepiring.wordpress.com/06/
/2014.
Sugiyanto. (2007). Modul PLPG Model- M o d e l P e m b e l a j a r a n I n o v a t i f . Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
S u p a r n o d a n Wa r a s K a m d i . ( 2 0 0 8 ) .
Pengembangan Profesionalitas Guru. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon
Sutrisno dan Liyah Tjarliyah. (2008).
Mengatur Perjalanan Dinas Pimpinan, Bandung: Yudhistira.
Suyanto, Kasihani KE. (2008). Model-Model Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15.
The Liang Gie. (1988). Administrasi Perkantoran Modern. Yogjakarta: Supersukses dan Nur Cahaya.
Wursanto, Ig. (2004). Kompetensi Sekretaris
Profesional. Yogjakarta: Penerbit Andi.
Article Metrics
Abstract has been read : 437 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5886
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.