Pemanfaat media online dalam penjualan batik dari kelompok Batik Cantik Suropati (BCS) Tembokrejo

Alfa Julia, Nunuk Indarti

Abstract


Di era globalisasi ini teknologi internet banyak dimanfaatkan diberbagai bentuk kegiatan seperti mengajar, berdagang, membeli barang, pekerjaan kantor, dan sebagainya. Masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi internet sehingga dapat menggunakannya dengan bijak. Salah satu media online yang dapat digunakan secara positif yaitu berbisnis. Media online yang dapat digunakan dalam berbisnis seperti Instagram, Tik Tok, YouTube, Facebook, Blog, Twitter, LINE, dan Pinterest. Objek penelitian menggunakan kelompok Batik Canti Suropati Tembokrejo. Tujuan penelitian ntuk mengetahui media online yang digunakan oleh BCS, untuk mengetahui pemanfaatan media online yang dilakukan oleh BCS, dan untuk mengetahui keuntungan yang diterima oleh BCS setelah memanfaatkan media online. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif yang digunakan untuk mengumpulkan data yang nyata dan terperinci. Kesimpulan yang didapat penggunaan media sosial tidak hanya berpengaruh negatif, tetapi juga berpengaruh positif salah satunya dapat digunakan untuk berbisnis dan mempromosikan produk. Manfaat yang didapat meningkatnya tingkat permintaan dan terkenalnya perusahaan di kalangan masyarakat

Keywords


Media Online; BCS; Manfaat

Full Text:

PDF

References


Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586

Ramadhan, F. H. (2017). Pkm Pemanfaatan Media Sosial Instagram. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Subadi, T. (2006). Metode penelitian kualitatif.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetaa.

S.Kom, Ridwan Iskandar, pengertian penjualan). (1991). Pengertian Penjualan. Skripsi Pengertian Penjualan, XVI(1), 40.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Wulandari, S. A. (2017). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4(0), 41–47. http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/36/36

Yuni, F. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(2), 152. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120


Article Metrics

Abstract has been read : 268 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats