Analisis SWOT strategi pengembangan ekonomi objek wisata (studi kasus: pemandian kolam air panas war aremi)
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada kolam air panas War Aremi di Tambrauw Papua Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang penting dalam memilih strategi terbaik untuk pengembangan ekonomi kolam air panas ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari observasi langsung, wawancara dan beberapa dari studi literatur. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik SWOT untuk menemukan strategi terbaik yang dapat digunakan untuk mengembangkan objek wisata lokal ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa War Aremi baru saja dijadikan objek wisata, namun sebelumnya kolam ini digunakan sebagai tempat upacara adat oleh masyarakat setempat. Strategi pembangunan dilakukan jika ada kerjasama yang baik antara pemerintah, pengelola dan masyarakat. Namun dari segi fasilitas, akses, pendanaan, sumber daya manusia, dan pengembangan layanan masih menjadi kendala. Kajian ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan War Aremi dapat memberikan dampak positif seperti pada aspek ekonomi daerah dengan potensi yang ada dan peningkatan jumlah sumber daya manusia, dalam beberapa bidang beberapa upaya tersebut akan memberikan dampak positif. pada masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 356 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.