Analisis masalah produksi usaha tambak udang di Kabupaten Berau

Adi Aspian Nur

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecenderungan produksi Udang yang tidak diikuti dengan peningkatan nilai tambah produksi Udang yang dihasilkan, kemudian belum maksimalnya produktifitas pertambakan di Kabupaten Berau, Harga jual udang yang rendah serta mahalnya biaya pakan Udang di Kabupaten Berau dan permodalan yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis bahwa modal dan tenaga kerja serta luas tambak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produksi Udang Tambak di Kabupaten Berau, kemudian mengetahui dan menganalisis bahwa modal dan tenaga kerja serta luas tambak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap produksi Udang Tambak di Kabupaten Berau dan mengetahui dan menganalisis bahwa manakah dari modal dan tenaga kerja serta luas tambak yang memberikan pengaruh dominan terhadap produksi Udang Tambak di Kabupaten Berau. Metode yang digunakan untuk perhitungan adalah menggunakan metode fungsi Cobb-Douglass. Hasil perhitungan diperoleh bahwa modal dan tenaga kerja serta luas tambak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produksi Tambak Udang di Kabupaten Beraudan hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel modal, tenaga kerja dan biaya juga berpengaruh signifikan terhadap produksi usaha tambak udang di Kabupaten Berau.


Keywords


Produksi Udang; Harga Jual; Biaya Pakan; Produksi

Full Text:

PDF

References


Ismail, Y. (2020) ‘Analisis Kelayakan Usaha Tambak Udang Vannamei Di DesaPatuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato’, Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 8(2), pp. 67–76. Available at: https://journal.uncp.ac.id/index.php/perbal/article/view/1536/1347.

Musman, H. A. (2019) ‘ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG DI KECAMATAN TOPOYO KABUPATEN MAMUJU TENGAH’, Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), pp. 112–135. Available at: https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/7 (Accessed: 2 December 2022).

Prasita, V. D. (2010) ‘Analisis daya dukung lingkungan dan optimalisasi pemanfaatan wilayah pesisir untuk pertambakan di Kabupaten Gresik’, IPB (Bogor Agricultural University). Available at: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40912 (Accessed: 2 December 2022).

Purnamawati and Dewantoro, E. (2007) ‘Pemilihan dan pembangunan Tambak Udang Berwawasan Lingkungan’, Media Akuakultur, 3(3), p. 6.

Rahayu, Y. and Soleh, A. (2017) ‘PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI JAMBI (Pendekatan Fungsi Cobb Douglas)’, Journal Development, 5(2), pp. 125–139. doi: 10.53978/jd.v5i2.52.

Roziqin, A. (2021) ‘PENGARUH MODAL USAHA, JUMLAH TENAGA KERJA DAN HASIL PRODUKSI TERHADAP PETANI TAMBAK UDANG VANAME DI KECAMATAN SEPULU KABUPATEN BANGKALAN MADURA TAHUN 2021’.

Sugiyono (2008) Statistika Untuk Penelitian. Ketigabela. Bandung: CV Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 413 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats