Pelaksanaan pendidikan kewirausahan di perguruan tinggi serta motivasi sukses terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Provinsi Kalimantan Utara

A Aslan, Nurus Soimah, Dewi Qomariah Imelda

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian kausal komparatif melihat dan membandingkan pengaruh variabel sebab (pendidikan kewirausahaan serta motivasi sukses) terhadap variabel akibat (minat berwirausaha) baik secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling, yaitu teknik penentuan sampel yang populasi anggotanya tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, serta uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan uji Determinan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendidikan Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa di Provinsi Kalimantan Utara, yang dibuktikan dengan nilai dengan thitung 0,414 lebih kecil tabel 1.971 dan nilai Sig. (0,680) lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (Sig lebih kecil 0,1).  (2) Motivasi Suksesa berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa di Provinsi Kalimantan Utara, yang dibuktikan dengan nilai thitung 4,386 lebih besar dari tabel 1,971 dan nilai Sig. (0,000) lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (Sig lebih kecil 0,1). (3) Motivasi Berwirausaha dan Pendidikan Kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Di Provinsi Kalimantan Utara nilai fhitung lebih besar dari ftabel (922,607 lebih besar dari1,554) dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,10.


Keywords


Pendidikan Kewirausahaan; Motivasi; Minat; Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Ardiyani, N. P. P. & Kusuma, A. A., 2016. Pengaruh Sikap, Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Unud, 5(8), pp. 5155-5183.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ayuningtias, Hazirah Amalia Dan Sanny Ekawati. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, dalam Jurnal Ekonomi/Volume XX, No. 01

Az-Zuhaili Wahbah. 2014 . Tafsir Al-Munir (Aqidah, Syari’ah, Manhaj). Jakarta: Gema Insani.

Daryanto, dkk. 2013. Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Yogyakarta: Gava Media.

Dasuki Hafizh, et al. 1992 . AL-Qur’an danTerjemahannya. Semarang: PT. Tanjung Mas Inti.

Fahmi, Irham. 2014. KewirausahaanTeori, Kasus, danSolusi (cet 2). Bandung: Alfabeta.

Frices, Z. Heflin. 2011. Be An Entrepreneur. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Hashim, Muhammad Ali Haji. 2003. Bisnis Satu Cabang Jihad.Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Hendro. 2011. Dasar-DasarKewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kodrat, David S. &Wina Christina. 2015. Entrepreneur Sebuah Ilmu. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Koranti, Komsi. 2013. Analisis Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Bandung: Universitas Guna darma, dalam Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) ISSN: 1858-2559 Vol. 5.

Munawar, Asep. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol.2. 398-406. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.105.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Poerwadarminta, W.J.S. 2006.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyatno, Duwi. 2010. PahamAnalisaStatistik Data dengan SPSS.Yogyakarta: MediaKom.

Puspitaningsih, Flora. 2014. Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. Tulungagung: STKIP PGRI, dalam Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan Vol. 2. No. 2.

Rifkhan, 2017. Pengaruh SIkap dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang. Jurnal Universitas Pamulang.

Rosmiati, dkk.2015.Sikap, Motivasi, Dan MinatBerwirausaha Mahasiswa.Nusa Tenggara Timur :PoliteknikNegeriKupang, dalamJurnalManajemen Dan Kewirausahaan, Vol.17, No. 1.

Rusdiana, A. 2014. Kewirausahaan Teoridan Praktik. Bandung: Pustaka Setia Saiman, Leonardus. 2015. Kewirausahaan, teori, praktik, dankasus-kasusedisi2. Jakarta :Salemba Empat.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (menggunakan prosedur SPSS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sinarasri, Andwiani Sinarasri dan Ayu Noviani Hanum. 2012. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa UNIMUS di Semarang). Semarang: UNIMUS, dalam Jurnal Seminar Hasil-Hasil Penelitian – LPPM UNIMUS.

Siregar, Syofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Siswadi, Yudi. 2013. AnalisisFaktor Internal, FaktorEksternal Dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Sumatera: Universitas Muhammadiyah, dalam Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 13 No. 01

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suharyat, Yayat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Dalam Jurnal REGION Volume I. No. 2. Juni 2009.

Suryana.2014. Kewirausahaan Kiatdan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Susilowati, Lantip. 2013. Bisnis Kewirausahaan (cet.1). Yogyakarta: Teras Turmudi dan Sri Harini. 2008. Metode Statistika (Pendekatan Teoriti sdan Aplikatif). Malang: UIN-Malang Press.

Ulfa, Nadhira dan Maftukhatusolikhah. 2015. Minat Wirausaha Kaum Santri Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dalam Jurnal I-Economics Journal, Vol. 1. No. 1.

Wikanso. 2013. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa STKIPPGRI Ngawi. Surabaya: STKIP PGRI Ngawi, dalam Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Vol. XI No.1

Wiratnadan Poly. 2012. Statistikauntuk Penelitian.Yogyakarta: Graha Ilmu

www.kaltarabps.go.id


Article Metrics

Abstract has been read : 401 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats