Pengaruh Lokasi Dan Jumlah Pengunjung Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Pada Sektor Pariwisata Di Kabupaten Ngawi Tahun 2021

Maratus Faizanah, Ruslina Yulaika, Arsiyati Arsiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lokasi dan Jumlah Pengunjung  Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar pada Sektor Pariwisata di Kabupaten Ngawi Tahun 2021. Sampel penelitian ini sebanyak 85 orang yang bekerja pada lokasi objek wisata, sampel diambil secara keseluruhan menggunakan nonprobability sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reabilitas), analisis uji prasyarat (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas) dan uji hipotesis (analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan positif antara Lokasi Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Di Sektor Pariwisata Di Kabupaten Ngawi Tahun 2021. Dengan hasil thitung  sebesar 5,337 dengan sig 0,000. 2) Ada hubungan positif antara Jumlah Pengunjung Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Di Sektor Pariwisata Di Kabupaten Ngawi Tahun 2021. Dengan hasil thitung  sebesar 9,063 dengan sig 0,000. 3) Ada hubungan positif antara Lokasi dan Jumlah PengunjungTerhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Di Sektor Pariwisata Di Kabupaten Ngawi Tahun 2021. Dengan hasil fhitung sebesar 816,420 lebih besar ftabel  sebesar 3,11. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa lokasi berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, jumlah pengunjung terhadap perekonomian masyarakat, secara simultan lokasi dan jumlah pengunjung berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.


Keywords


Lokasi, Jumlah Pengunjung, Perekonomian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Novita. Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zahara Hijab Collection Waru Jayeng. Kediri: Manajemen, 2018.

Denziana, A. (2014). Corporate Financial Permormance Effects Of Macro Economic Factors Against Stock Return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 23-24.

Dursun, P. 2012. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata Di Pulau Pasumpahan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang "(December): 37–39.

Nuryadi, T. D. (2017). Dasar Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya

Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan Spss 22. Pangkal Pinang: Lab Kom Manajemen FE UBB.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.

Z, M., dan M,A (Ed.). (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah, konsep dan aplikasi. Yogyakarta ; e-Gov Publishing.

Suharto, Edi. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract has been read : 359 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats