Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan Hasil belajar IPS materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui model group investigation pada siswa kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SMP Negeri 1 Pogalan. Penelitian Tindakan Kelas di laksanakan di SMP Negeri 1 Pogalan, yang merupakan tempat peneliti melaksanakan tugas sebagai guru bidang di mata pelajaran IPS setiap harinya. Siswa kelas VII-A menjadi obyek peneliti dan materi yang digunakan adalah bidang studi IPS Pokok Bahasan Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Ekonomi di SMP Negeri 1 Pogalan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan pada semester I. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan penggunaan model group Investigation,, dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran IPS melalui model group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas kelas VII-A Semester 1 Tahun ajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Pogalan . Hal tersebut dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 67.50 pada siklus II sebesar 75.00. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata 7.5. Di samping nilai rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melihat persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 1 siswa yang telah tuntas sebanyak 19 anak (60%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 13 anak (40%). Pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 29 anak (91%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 3 anak (9%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 31%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa
Depdiknas. 2004. Kerangka asar Kurikulum 2004. Jakarta
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas
Djamarah, Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Nasution, 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi. Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zingaro, D. 2008. Group Investigation: Theory and Practice. Journal of Ontario Institute for Studies in Education. Ontario: Institute for Studies in Education.
Article Metrics
Abstract has been read : 245 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.