Rancang Bangun Prototipe Sistem Pemadam Kebakaran pada Main Distribution Panel (MDP) Berbasis Sensor Api dan Sensor Asap MQ-2 dengan Notifikasi SMS

Luki Septya Mahendra, Hendik Eko H Suharyanto, Akbar Putra Daryanto

Abstract


Panel Main Distribution Panel (MDP) adalah sebuah alat atau perangkat yang memiliki fungsi untuk membagi, menyalurkan dan kemudian mendistribusikan energi listrik dari sumbernya (pusat) kepada konsumen (pemakai). Panel ini juga digunakan sebagai wadah untuk menampung komponen dan peralatan kelistrikan supaya lebih ringkas dan rapi. Biasanya didalam panel ini dilengkapi sebuah relay proteksi untuk melindungi peralatan dan komponen listrik yang dilengkapi dengan selang yang mengelilingi komponen didalam panel dan juga tabung gas untuk mensuplay kedalam panel melalui selang dengan menggunakan gas supaya tidak merusak komponen yang ada dalam panel. Jika benar terjadi kebakaran maka selang yang mengelilingi komponen dalam panel akan pecah akibat api yang menyala dan mulai naik, selang akan mengeluarkan gas yang di suplay dari tabung gas uutuk memadamkan api yang ada didalam panel tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat sebuah prototipe panel MDP dengan sistem pemadam kebakaran menggunakan flame sensor, smoke sensor dan kontaktor pengganti Moulded Case Circuit Breaker (MCCB), serta selang yang akan pecah untuk sistem pemadam pada panel. Kedua sensor akan mengirim data ke mikrokontroler stm32f1, untuk memberikan perintah relay kontaktor Normaly Open (NO) untuk trip. Selain itu juga akan mengirim informasi lewat pesan notifikasi Short Message Service (SMS) ke opertator bahwa “system telah trip”.


Keywords


Flame Sensor; Kontaktor; Notifikasi SMS; Smoke Sensor

Full Text:

PDF

References


S. Program et al., “Rancang Bangun Simulasi Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) Main Distribution Panel (MDP) Berbasis Programmable Logic Controller (PLC).”

M. Saleh and A. Amin, “STUDI KEMAMPUAN PANEL LVMDP TERHADAP PEMBEBANAN,” vol. 3, no. 1, 2018.

I. Pendidikan, V. T. Elektro, F. Keguruan, and I. Pendidikan, “Analisis Instalasi Fire Alarm Sebagai Sistem Proteksi Kebakaran Dengan Metode Smoke Dan Heat Detector,” 2020.

S. Ramli, “Manajemen kebakaran,” Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

L. A. Siregar, R. Bangun, A. Yanie, Y. Ananda, and L. Adriana Siregar, “Rancang Bangun Peralatan Deteksi Panas Kabel Pada Panel Listrik Untuk Mengatasi Beban Lebih,” 2021.

A. Wiyono, A. Sudrajat, F. Rahmah, and U. Darusalam, “KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) Rancang Bangun Sistem Deteksi dan Pengaman Kebocoran Gas Berbasis Algoritma Bahasa C Dengan Menggunakan Sensor MQ-6”, 2017, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/komik

Deanna Durbin Hutagalung, “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Gas dan Api dengan Menggunakan Sensor MQ2 Dan Flame Detector”, 2018.

D. S. Program et al., “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis IoT Dan Sms Gateway Menggunakan Arduino,” Jurnal SIMETRIS, vol. 8, 2017.

B. P. A. I. Z. N. Novaldiyanto K. Nento, “Rancang Bangun Alat Peringatan Dini Dan Informasi Lokasi Kebakaran Berbasis Arduino Uno,” Jambura, Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2021.

V. Novita Sari, I. Zulkifli, and F. Antony, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis IoT dan SMS Gateway Menggunakan Arduino”, 2017.


Article Metrics

Abstract has been read : 220 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/electra.v4i1.17592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

==================================================================================

ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIPMA
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63117
Phone +62 351 462986 ext. 313
Fax +62 351 459400
Website http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/electra/
Email electra@unipma.ac.id
DOI doi.org/10.25273/electra
ISSN 2747-0539 (Online) | 2745-598X (Print)

 

Indexed by:
        
       

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Stats's here!