Sistem Persuratan Digital Berbasis Virtual Private Network

Faizal Faizal, Andi Irmayana

Abstract


Persoalan mengenai persuratan yang dialami oleh instansi pemerintah, organisasi dan perusahaan swasta yang terkendala dalam proses database surat masuk dan surat keluar yang dilakukan secara manual. Ada berbagai kendala seperti pendistribusian surat yang tidak efekif, surat tercecer, dan pengarsipan yang tidak rapi sehingga manajemen arsip persuratan tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah digital proses untuk memperbaharui sistem persuratan pada Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan agar dokumen verifikasi, persuratan organisasi dan pertukaran Informasi antar Instansi terkait menjadi lebih efektif dan aman dengan pemanfaatan Teknologi Virtual Private Network (VPN). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam hal pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman web dan database MySQL. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif, dimana sistem yang dihasilkan akan diuji spesifikasinya, baik itu spesifikasi keamanan maupun spesifikasi fungsional menggunakan metode pengujian black box. Teknologi virtual private network berhasil deterapkan pada manajemen persuratan dan telah diuji dimana  sistem seluruhnya telah sesuai dengan skenario pengujian untuk semua fungsi pada sistem. Melalui sistem yang dibuat pada penelitian ini, menciptakan fasilitas pertukaran surat yang menarik, dapat dijangkau dimanapun dan kapanpun serta menjaga kerahasiaan dan keamanan dokumen bagi instansi pemerintahan.

Keywords


Persuratan Digital;Virtual Private Network;Black Box

Full Text:

PDF

References


Habibi, A., & Arifin, S. (2015). Membangun Jaringan Virtual Private Network ( VPN ) Dengan Metode Tunneling Menggunakan Mikrotik Untuk Komunikasi Lokal di STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang. Jurnal Teknologi Informasi : Teori, Konsep Dan Implementasi, 6(2), 115–120.

Harsapranata, A. I. (2014). Implementasi Failover Menggunakan Jaringan VPN dan Metronet pada Astridogroup Indonesia. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 8(2), 66–77.

Junus, M., Elektro, J. T., & Malang, P. N. (2018). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk & Surat Keluar Jurusan Teknik Elektro Berbasis Web Melalui Jaringan Intranet Polinema. Jurnal Eltek, 16, 18–32.

Pada, D., & Komputer, J. (2014). Kajian Virtual Private Network ( VPN ) Sebagai Sistem Pengamanan ( Studi Kasus Jaringan Komputer Unikom ). Majalah Ilmiah UNICOM, 12(1), 43–52.

Pramihapsari, M., & Kaldera, M. P. (2012). Perancangan Labelling Pada Dokumen Menggunakan QR Code. Jurnal Teknik Komputer, 1, 59–67.

Saputra, D. (2016). Implementasi Virtual Private Network Pada Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan. TEKNOLOGI, 6(2), 18–31.

Sibarani, T. D. F., & Negara, S.-I. A. (2016). Efektivitas Sistem Tata Persuratan Digital (e-Surat) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Publika, 1104067401.

Syariful Ikhwan, A. A. (2017). Analisis Jaringan VPN Menggunakan PPTP dan L2TP. JURNAL INFOTEL, 9(3), 265–270.

Tjiptasari, F. (2018). Perceived usefulness ( persepsi kegunaan ) pengelolaan arsip digital menggunakan sistem informasi kearsipan dinamis ( SIKD ). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(2), 111–126.


Article Metrics

Abstract has been read : 594 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i1.9121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats