Aplikasi Pengingat Jadwal Imunisasi Pada Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi Berbasis Android

Ahmad Tasyrif Havaso, Mulyadi Mulyadi, Eddy Suratno

Abstract


Imunisasi adalah cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Imunisasi tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan secara bertahap dan lengkap terhadap berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan dan hidup anak. Hasil pengamatan di Puskesmas Kebun Handil bahwa jadwal imunisasi anak dicatatkan pada sebuah buku dengan mencantumkan jenis imunisasi dan tanggal pelaksanaannya. Namun terkadang orang tua melupakan jadwal pelaksanaan imunisasi di bulan berikutnya sehingga sangat merugikan  para orang tua terutama kesehatan balita. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi sebagai pengingat Jadwal Imunisasi Pada Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi Berbasis Android. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan identifikasi masalah, studi literature, pengumpulan data, dan Pengembangan Sistem dengan menggunakan metode waterfall. Informasi yang dihasilkan pada aplikasi ini adalah Jadwal Imunisasi yang dilengkapi notifikasi sebagai pengingat jadwal Imunisasi, serta mampu menampilkan data tumbuh kembang anak, vaksin imunisasi yang diberikan, tempat praktek dokter yang terdekat jaraknya dari lokasi pengguna dan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).


Keywords


Pengingat Imunisasi, Jadwal Imunisasi, Aplikasi Berbasis Android

Full Text:

PDF

References


Asriana Octa Noormalasari, Maryani Setyowati. 2015. Sistem Informasi Reminder Imunisasi Dasar Pada Bayi Berbasis Sms Gateway Di Puskesmas Krobokan Semarang Barat. Visikes Vol 14 No. 1 April 2015. ISSN : 1412-3746 Hlm. 27-33.

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. (2018, 28 April). “Berikan Anak Imunisasi Rutin Lengkap, Ini Rinciannya”. Diakses 17 Januari 2019.

Gereggi Septino Tanimidjaja, Cynthia Hayat. 2014. Aplikasi Informasi Imunisasi Untuk Anak Berbasis Android. Jakarta : Universitas Kristen Krida Wacana.

Martina Novelia Nurendah Retnani. 2014. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengingat Waktu Imunisasi Pada Bayi Di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta. http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.12.5322.pdf

Siti Fajarwati Harahap, Anggi Srimurdianti Sukamto, Novi Safriadi (2016). Perancangan Sistem Penyebaran Informasi Imunisasi Kepada Ibu Balita Berbasis Sms Gateway Pada UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Barat. Justin Vol 4. No. 3. ISSN : 2620-8989 Hlm. 1-6


Article Metrics

Abstract has been read : 2436 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v2i2.3760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats