Aplikasi Pengolahan Data Bantuan Zakat Pada Baznas Provsu Berbasis Android

Muhammad Aulia Fikri, Triase Triase

Abstract


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara merupakan Lembaga pemerintahan agama islam yang dibentuk dengan tujuan untuk mensejahterakan ekonomi umat islam dengan penyaluran zakat yang tepat sasaran dan juga sebagai wadah masyarakat yang ingin melakukan zakat. Di dalam Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara terdapat bidang-bidang yang saling bekerja sama untuk mensukseskan lembaga, salah satu dari bidang tersebut adalah bidang Pendistribusian dan pendayagunaan. Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan adalah bidang yang mengelola berkas-berkas atau data-data pemohon yang mengajukan bantuan dan juga menyalurkan bantuan zakat. Tetapi, dengan belum terkomputerisasinya pendataan dan pengelolaan data bantuan zakat menyebabkan pengerjaan yang dilakukan dengan tidak efisien dan lambat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengolahan data bantuan zakat. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian adalah metode prototyping. Metode prototyping merupakan metode yang dilakukan dengan membuat suatu prototype berdasarkan identifikasi kebutuhan pengguna akan aplikasi, kemudian prototype akan diuji oleh pengguna serta dievaluasi sampai menjadi aplikasi yang final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sangat membantu pihak Lembaga dalam pengelolaan data bantuan zakat. Selain aplikasi yang dapat melakukan CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada data yang dimasukkan, data yang telah tersimpan pada database dapat dicetak sehingga bisa menjadi data fisik yang dapat digunakan oleh pihak BAZNAS Provinsi Sumatera Utara apabila diperlukan. 

Keywords


Zakat; BAZNAS; Data Bantuan

Full Text:

PDF

References


Amelia, L., & Murtani, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi Baznas Sumatera Utara). JURNAL FEB, 1(1), 195–205.

Dinda Rizki Amirillah, C., & Andryana, S. (2020). Perancangan Aplikasi Document Management System Berbasis Web Universitas Nasional Dengan Metode Waterfall.

Ibrahim. (2019). Aplikasi Pengolahan Data Bantuan Sosial Pagi Pmks Di Dinas Sosial Banjarmasin. JURNAL JIEOM, 2(2), 1–5.

Julianto. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Data Bantuan Sosial. Jurnal Data Science & Informatika, 1(2), 71–76.

Maulana, H., Kasmawi, K., & Enda, D. (2020). Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.2993

Muhammad Hadi, S., Samad, A., Studi Manajemen Informatika, P., & Studi Teknik Komputer, P. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Bantuan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(1), 2621–4970.

Nugroho, W. G., Ramadhan, R., Setiawan, R. D., & Sussolaikah, K. (2024). Pemilihan Mahasiswa Unggulan: Integrasi Metode Profile Matching dalam Sistem Pendukung Keputusan. Digital Transformation Technology, 3(2), 925-930. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3463

Sardini, S. (2022). Peran Pendistribusian Zakat Produktif Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Di Baznas Provinsi Sumatera Utara The Role Of Earning Zakat Distribution In Mustahik Economic Empowerment Effort In North Sumatra Province BAZNAS (Vol. 6, Issue 1).

Setiawan, R., & Gunawan, R. (2017). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas. http://juornals.sttgarut.ac.id

Silvi Purnia, D., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android (Vol. 16).

Strategi BaznasSiti Mardiyah, M., Mardiah, S., & Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Raden Fatah Palembang, D. (2018). Manajemen Strategi Baznas Dalam Pengelolaan Dana Filantropi Islam (Vol. 4, Issue 1).

Wulandari, F. T., Triayudi, A., Mesran, M., & Sussolaikah, K. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode (COPRAS). Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), 592-602. https://doi.org/10.47065/josh.v5i2.4805


Article Metrics

Abstract has been read : 43 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v7i2.16547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats