PERANCANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA BROSUR STT DHARMA ISWARA MADIUN

Hani Atun Mumtahana

Abstract


Latar Belakang: Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk, jasa, image, perusahaan, instansi agar dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang paling tua adalah media promosi dari mulut ke mulut sedangkan Media promosi yang klasik salah satunya adalah brosur dengan media kertas yang memilki beberapa halaman untuk memberikan informasi yang ditawarkan. Multimedia dapat membantu mempertajam informasi agar masuk dipikiran calon mahasiswa baru karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata tiga dimensi yang langsung diproyeksikan ke dalam waktu nyata yang dapat dilihat serta dapat didengar juga.

Metode: Brosur yang menggunakan Teknologi Augmented Reality dapat menjadi media sarana promosi baru yang lebih inovatif dan lebih kreatif untuk menarik minat calon mahasiswa, Augmented reality brosur secara real time sehingga calon mahasiswa baru dapat melihat gedung 3D STT DIM dan ruangan kelas 3D, dengan memanfaatkan Smartphone Berbasis Android.

Hasil: Hasil pengujian aplikasi Brosur Augmented Reality menggunakan 8 Aturan Emas Desain Interface. Dari 8 Aturan tersebut, 7 Aturan berhasil diuji kelayakannya, yang menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat dibuktikan dengan menggunakan kuisioner

Keywords


Augmented Reality, Openspace3D, Delapan Aturan Emas

Full Text:

PDF INDONESIA

Article Metrics

Abstract has been read : 1016 times
PDF INDONESIA file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i1.1320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats