Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android
Abstract
Saat ini pengenalan hewan pada usia dini masih berbentuk gambar dan penjelasan yang dijelaskan oleh seorang pengajar, ada pula yang menggunakan alat peraga , namun alat peraga jumlahnya terbatas, terlebih lagi pengajar kesulitan dalam mempersiapkan sistem pembelajaran karena harus membawa alat peraga tersebut. Dengan adanya Augmented Reality yang didukung dengan metode marker less. Pengguna tidak memerlukan marker khusus berbentuk hitam putih, melainkan menggunakan gambar 2D yang disajikan dalam bentuk magic book oleh penulis sebagai buku acuan untuk mengeluarkan konten berbentuk 3D, serta pengadaan virtual button dan suara pada masing-masing hewan. Dengan begitu proses pembelajaran akan lebih efektif dan maksimal.Dari hasil penelitian bahwa marker dapat dibaca dengan kamerasmartphone dengan waktu respon untuk mendeteksi marker kurang lebih 1 detik. Jarak minimum pendeteksian marker kurang lebih 30 cm dan jarak maksimum kurang lebih 100 cm. Sudut minimum untuk pendeteksian marker sebesar 45° dan sudut maksimum 170° . Menampilkan virtual button dalam scene image target dan dilengkapi dengan suara yang dihasilkan dari model 3D
Keywords
Pengenalan Hewan, Augmented Reality, Marker less, Android, Vuforia
Full Text:
PDF INDONESIAArticle Metrics
Abstract has been read : 5292 timesPDF INDONESIA file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i1.1312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By.
Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16 Kota Madiun 63118
E-mail : doubleclick@unipma.ac.id
E-mail : doubleclick@unipma.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.