Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepatu Pada Online Shop Choice Fashion Dengan Menggunakan Metode Moora

Melenia Winda Sari, Onki Alexander, Noorlela Marcheta

Abstract


Sepatu yang menjadi kebutuhan manusia sebagai alas kaki telah berkembang kegunaannya searah berkembangnya zaman, salah satunya menjadi tren fashion yang membuat jenis sepatu semakin bertambah. Bisnis dalam bidang penjualan sepatu salah satunya ditekuni oleh online shop Choicefashion sejak tahun 2018. Terdapat sekitar 250 produk sepatu dengan berbagai merk dan jenis sepatu ditawarkan online shop Choicefashion, menyebabkan customer sulit menentukan sepatu berdasarkan kriteria yang mereka inginkan Untuk memberikan rekomendasi sepatu sesuai dengan kriteria dari customer maka dibutuhkan sistem pendukung keputusan. Penelitian ini membahas tentang sistem pendukung keputusan pemilihan sepatu dengan metode MOORA. MOORA dapat mendukung keputusan dari banyak kriteria dan mudah dipahami dalam memisahkan subjektif suatu proses evaluasi ke dalam kriteria bobot keputusan dengan atribut pengambilan keputusan. Kriteria sepatu ditentukan oleh customer melalui kuesioner. Melalui penelitian ini, customer dapat menentukan sepatu sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Sistem yang dibuat berbasis website yang nanti akan menampilkan hasil rekomendasi pemilihan sepatu.

Keywords


Sistem Pendukung Keptutusan, SPK, Pemilihan Sepatu, Metode MOORA, Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis

Full Text:

PDF

References


Afriany, J., Sinurat, L. R. B., Julianty, I., & Nainggolan, E. L. (2018). Penerapan MOORA Untuk Mendukung Efektifitas Keputusan Manajemen Dalam Penentuan Lokasi SPBU. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 5(2), 161–166. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/655

Binjori, A. S. R. A., Hutapea, H. R. B., & Syahrizal, M. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 61–65. https://doi.org/10.30865/komik.v2i1.942

Hidayatulloh, I., & Naf’an, M. Z. (2018). Integrasi Sentiment Analysis SentiWordNet pada Metode MOORA untuk Rekomendasi Pemilihan Smartphone. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(1).

Kinlin, A. G., Cahyono, A. B., & Suranto, B. (2018). Penerapan Metode Rapid Application Development pada Pengembangan Sistem Monitoring dan Manajemen Pemasaran. 10.

Keliwulan, L. R. . (2019). Perancangan dan Implementasi Website Sistem Rekomendasi Pemilihan Sepatu Menggunakan Algoritma Filtering dan Algoritma SAW. 1–26.

Mandasari, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development ( Rad ) Dan Framework Css Bootstrap.

Wibawanto, P. A. (2017). Decision Support System Of Shoes Selection With Promethee Method Of Stars Shoes Store.


Article Metrics

Abstract has been read : 2086 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i1.10038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By.

 

   

   

 

Kantor Sekertariat:
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
E-mail :  doubleclick@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats