PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN BAGI PENDIDIK TINGKAT DASAR DI DESA SUKOSEWU

Ika Puspitasari, Shokhibul Arifin, Putri Nur Solekah, Salsabila Putri Nadiya, Rifa’atul Maftuhah

Abstract


Pendidik harus mampu menguasai teknologi dan harus kreatif dalam menciptakan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan. Inovasi media pembelajaran dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian peserta didik sehingga proses belajar dapat mendorong peserta didik belajar lebih baik. Di Desa Sukosewu terdapat 1 SDN Sukosewu, 2 Madrasah Ibtidaiyah yaitu MI Matlaul Islam dan MI Fathul Ulum. Permasalahan yang dihadapi pendidik di sekolah tersebut adalah kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif. Kelompok KKN Desa Sukosewu yang mengusung tema inovasi pendidikan berinisiatif melaksanakan program pelatihan pengembangan media pembelajaran bagi pendidik tingkat dasar yang ada di Desa Sukosewu. Pelaksanaan dilakukan dengan pemberian materi, latihan dan praktik membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi dan tindak lanjut menunjukkan bahwa pendidik mendapatkan pengetahuan terkait pengembangan media pembelajaran dan mampu mengimplementasikan media pembelajaran yang sudah dibuat dalam proses pembelajaran di sekolah.


Keywords


Media Pembelajaran; Inovasi Pendidikan; Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Kharisma, Y. (2019). Permainan Tradisional Pasaran Sebagai Objek Utama Penciptaan Motif Batik Tulis Pada Bahan Sandang. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 8(1), 66-75.

Lesmana, C., & Permana, R. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Tranformasi, 14(2), 139–147.

Mayer, R. E. (2022). Instructional Media and Instructional Methods in Digital Language Learning: Are We Asking The Right Questions?. Bilingualism: Language and Cognition, 25(3), 396-397.

Rahman, S. (2022, Januari). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.


Article Metrics

Abstract has been read : 41 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v3i2.18690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by