PELATIHAN BRANDING BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL

Dhini Suryandari, Retnoningrum Hidayah, S Sukirman, Trisni Suryarini

Abstract


Branding menjadi hal yang sangat penting di era saat ini. Segala kegiatan penjualan dan pembelian dapat berjalan lancar apabila brand sudah dikenal masyarakat. Namun, bagi sector UMKM terlebih khusus pada sector mikro, kesadaran akan branding  masih sangat minim.  Oleh karena itu Tim Pengabdian FE memiliki tujuan untuk memberikan kesadaran akan pentingnya branding bagi usaha mikro kecil di era masa kini.  Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah para perempuan di wilayah Kelurahan Sukorejo khususnya wilayah Dawis Bougenvil. Program pengabdian ini akan dilaksanakan selama kurun waktu 6 bulan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan pelatihan pembuatan branding untuk meningkatkan omset penjualan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu para pelaku usaha mikro kecil telah sadar akan pentingnya branding. Kedua, telah berhasilnya para pelaku usaha kecil mikro membuat branding untuk produk barang atau jasa mereka secara menarik. Hal ini telah mampu meningkatkan omset penjualan dikarenakan produk mereka semakin dikenal oleh masyarakat. Oleh karena untuk program kedepannya diharapkan adanya kolaborasi dengan pihak pemerintah untuk mampu meningkatkan kemampuan para pelaku usaha mikro kecil didalam penguatan branding.

Keywords


pelatihan; mikro kecil; branding; ekonomi

Full Text:

PDF

References


Alfian. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas HasanuddinMakasar.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Rezky, S.F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E.F., Simangunsong, P., B., N., S,. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Abdimas Tgd ,1(1), 39-44, https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381

Hastuti, H., Tamsir, I., Vindi, W. O., & Leni, L. (2022). Peningkatan Peran Perempuan Dalam Upaya Mendorong Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 10-16. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.205

Putra, Ricky Oktavian Perdana. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1 (1), 1-10, https://Doi.Org/10.19184/Jpma.V1i1.31412


Article Metrics

Abstract has been read : 208 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i2.15035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by