PENGUATAN PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI MASA NEW NORMAL

Maria Edistianda Eka Saputri, Irene Brainnita Oktarin

Abstract


Pembelajaran di sekolah pada era new normal menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) tanpa terkecuali di Desa Gunung Pasir Jaya. PTMT lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring selama pandemi covid – 19 namun tetap memiliki masalah seperti waktu yang terbatas sehingga ada kemungkinan besar bahwa materi tidak tersampaikan kemudian dipelajari secara mandiri dan dapat berakibat learning loss. Peran orang tua sangat besar saat siswa belajar secara mandiri. Orang tua berperan dalam pendampingan dan sebagai motivator, serta memfasilitasi keterlibatan kegiatan pengajaran dalam pendidikan anak. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya peran ibu rumah tangga dalam pendidikan anak dimasa new normal di Dusun 3 Desa Gunung Pasir Jaya, Lampung Timur. Kegiatan dilakukan dengan tahapan persiapan, penyuluhan, dan evaluasi. Setelah dilaksanakan kegiatan terdapat peningkatan pemahaman tersebut. Peran ibu rumah tangga dalam pendidikan anak harus disertai hal-hal berikut: kecakapan teknologi; menjaga kesehatan anak; meluangkan waktu; mengelola emosi; dan meminta bantuan pihak lain saat merasa kesulitan. Sekolah masih menerapkan PTMT di tahun ajaran berikutnya, maka kegiatan ini sebaiknya terus dilakukan dengan peserta ibu rumah tangga yang lebih banyak dan perlu ada pendampingan berkelanjutan dari ahli agar ibu yang masih merasa stres walaupun telah mengikuti kegiatan ini dapat berkonsultasi dengan ahli tersebut sehingga bisa ditemukan solusi terbaik.

Keywords


Ibu Rumah Tangga; Pendidikan Anak; PTMT; New Normal

Full Text:

PDF

References


Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2). 80-93.

Hidayati, L. N., Pinilih, S. S., Amin, M. K., S1, M., Keperawatan, I., Magelang, F.-U. M., Fakultas, D., Kesehatan -Universitas, I., & Magelang, M. (2021). Gambaran Tingkat Stres Ibu Mendampingi Anak Study From Home (SFH) Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP), 2021. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/12667/1-6.pdf?sequence=1

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga

Ismaniar., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of effect”dalam perkembangan perilaku anak selama work from home (WFH) pada masa pandemic Covid-19. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2 (4), 147-157

Juwita, A., Sari, K. W., Jayanti, S. A., Dari, W., Widayati, & Sri. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Untuk Menghindari Learning Loss Di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 39–45. https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/download/191/56/

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 241-256

Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. (2020). Manajemen komunikasi keluarga saat pandemic Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(8), 707-722

Lestari, S. (2013). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemic Covid-19. ESENSI, Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-202

Nurlaili, Jaenullah, Zaini, M., & Setiawan, D. (2021). Problematik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 3(1), 38.

https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.150https://doi.org/10.51214/bocp.v3i1.49https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/view/49https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp

Purnomo, E. H., & Ningsih, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Pandemi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 235–248. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4712

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Rofiyah, A. (2022). Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( PTMT ) dalam Menulis Resensi Novel pada Siswa Kelas XII SMAN Ploso Jombang. Journal of Education and Learning Science (JELS), 02(01), 1–22.

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi orang tua siswa tentang kegiatan belajar di rumah sebagai dampak penyebaran Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(1), 01-07

Sarwar, S. (2016). Influence of parenting style on children’s behavior. Journal of Educational Development, 3(2), 222-249

Widianingrum, R. T. F., Asrul, A., & Irianti, M. (2022). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD se-Gugus I Salawati Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–73. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1897

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


Article Metrics

Abstract has been read : 192 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v3i1.13389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by