PELATIHAN MEMBUAT ES MENTIMUN DAN PEMBUATAN POJOK BACA DI DUSUN SUCI KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN

A Apriyanti, Diyah Santi Hariyani, Ririh Anggraini Setyahety, Tri Jarwa, Tegar Putra Anggara, Dwi Kartika Sari

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan literasi yaitu berupa pelatihan membuat es mentimun dan pembuatan pojok baca yang harapannya dapat memberikan dampak positif bagi warga. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pembuatan pojok baca. Subjek kegiatan ini adalah kelompok Ibu PKK dan warga dusun Suci Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Hasil dari pelatihan munculnya jenis UMKM baru dan juga telah mengenalkan balita dan orangtua balita pada program pojok baca untuk menambah minat membaca. Pelatihan UMKM pembuatan es mentimun dan pojok baca diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan bagi dusun Suci. Sehingga dusun suci dapat setara dengan dusun lainnya yang ada di desa Kebonagung.

Keywords


Pelatihan; UMKM; Pojok Baca

Full Text:

PDF

References


Irna, I. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 15–34. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/fascho/article/view/29

Iryana Muhammad, Hayatun Nufus, Mutia Fonna, Muliana, & Nuraina. (2021). Pembinaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Pedesaan Di Desa Meuria Paloh Kec.Muara Satu Kota Lhokseumawe. Krida Cendekia, 1(05). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/50

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Putri E, H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda ( Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda ). E-Journal Administrasi Negara, 5(1), 5431–5445.

Sutanto, A., Ramadhan, A. N., Irvansyah, H. N., Dahlan, U. A., Kembang, D., Progo, K., Kenteng, D., & Pendahuluan, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Produk Umkm Di Kenteng Kembang Naggulan Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(1), 310–318.

Tuti Kuniati, M. T. (2018). Pengelolaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Di RT 006/RW 18 Kelurahan Sungai Bangkong Pontianak Kota. Buletin Al Ribaath, Vol. 15(No. 1), 81.

Warsindah, L., Amalia, N., Nawardi, A., & Ulfah, N. A. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Pemberdayaan Keluarga Melalui Kewirausaha Kecil Bagi Pelaku UMKM. Kocenin Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83–89.


Article Metrics

Abstract has been read : 287 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is indexed by