PENGEMBANGAN UMKM SINGKONG MELALUI DIGITALISASI MARKETING DI DESA KALIPANG, GRATI, KABUPATEN PASURUAN

Nurul Akramiah, Ratna Pudyaningsih, Sri Hastari

Abstract


Desa Kalipang adalah desa yang terletak antara lautan serta persawahan, tapi di Desa Kalipang bercocok tanam merupakan mata pencaharian penduduk, baik menjadi petani dilahan sendiri juga menjadi petani penggarap dilahan milik orang lain. Desa Kalipang juga adalah salah  satu desa lokasi PNPM yang berdikari, pedesaan yang terdapat di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Dengan masuknya PNPM ini di Desa Kalipang makin banyak industri rumahan (UMKM) yang bermunculan, antara lain kerupuk udang, kerupuk puli, keripik gadung, kerupuk samiler serta tape singkong. akan tetapi, saat ini eksistensi Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat pada Desa Kalipang masih belum berkembang sebab kurangnya pemahaman warga  perihal kewirausahaan yang bisa menaikkan keterampilan usaha dan akan berdampak pada peningkatan pendapatan warga  desa. Kurangnya pemahaman warga  dalam memakai teknologi untuk alat pemasaran mengakibatkan UMKM pada Desa Kalipang belum begitu dikenal oleh masyarakat luar, sebagai akibatnya dengan adanya program PKM dari Universitas Merdeka Pasuruan bisa membantu warga  untuk meningkatkan UMKM mereka melalui digitalisasi marketing dan  memotivasi serta lebih berinovasi lagi mengolah produk UMKM menjadi lebih bernilai ekonomis.


Keywords


Desa Kalipang;UMKM; digitalisasi; Kabupaten Pasuruan

Full Text:

PDF

References


Ardiana, I. D. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12 (1) 42 - 55.

Budiyanto, A. d. (2020). Analisa Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan Terhadap Pemberdayaan Koperasi dan UMKMdan Dampaknya Terhadap Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4 (1) 80 -93.

Harmawan, B. N. (2021, Desember Sabtu). Hambatan UMKM "Go-Online". https://news.detik.com/kolom/d-4272888/hambatan-umkm-go-online, p. 1.

L, U. G. (2004). Digital Marketing Strategy : Text and Cases. Pearson Education.

Sear, L. T. (2012). Graduate Recruitment To SMEs Final Report . County Durham: SFEDI.

Tarigan, R. S. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wikipedia. (2020, Maret 11). Wikipedia Ensiklopedia. Retrieved Agustus 20, 2021, from Wikipedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Kalipang,_Grati,_Pasuruan


Article Metrics

Abstract has been read : 74 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.11484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats