PENGUATAN KECERDASAN FINANSIAL ANAK DI MASA PANDEMI DENGAN GLASS BANK

Novita Erliana Sari, Endang Sri Maruti, Dila Fitriyani, Arden Diah Ayuningrum

Abstract


Pandemi covid-19 menyebabkan sekolah ditutup sehingga anak-anak terpaksa harus belajar dari rumah. Berdekatan dengan orang tua di rumah menyebabkan pengeluaran uang jajan anak semakin membengkak. Di sisi lain, pendapatan yang menurun di masa pandemi, menuntut orang tua semakin cerdas dalam mengelola keuangan. Pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan financial literacy dengan penggunnaan glass bank  anak di Desa Pondok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Melalui kegiatan ini anak dapat meningkatkan pengetahuannya tentang pentingnya untuk menghargai uang. Adapun uraian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah: (1) Survei awal (2) Identifikasi masalah (3) Analisis kebutuhan (4) Penetapan khalayak sasaran (5) Pelaksanaan (6) Monitoring dan Evaluasi. Hasil yang telah dicapai setelah penerapan program pengabdian masyarakat adanya kebiasaan yang muncul pada anak-anak untuk menabung secara rutin. Pembiasaan menabung pada Glass Bank mampu menguatkan  financial literacy anak. Dengan Glass Bank anak belajar berhemat dan merencanakan keuangan untuk masa yang akan datang. Anak-anak belajar membedakan kebutuhan apa yang harus dipenuhi dan harus ditunda terlebih dahulu.


Keywords


Finacial;Literacy; Glass Bank; Anak; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Bakri, W. (2020). Bunga Rampai Pandemi

PISA. 2012. Financial Literacy Framework, 2010. Australia

Huston, S.J. 2010. Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs Volume 44 Issue 2.

Khrisna dkk. 2010. Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Memhubunganinya. Proceedings of The 4th International Conference on Theacer Education; Joint Conference UPI & UPSI. Bandung 8-10 Nopember 2010


Article Metrics

Abstract has been read : 56 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/dedukasi.v1i2.10982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats