Penerapan metode pembelajaran Kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan memahami kebebasan berorganisasi siswa kelas V di Sekolah Dasar

S Suprihadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap kemampuan memahami kebebasan berorganisasi siswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020; (b) Ingin mengetahui bagaimanakah pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn  setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada siswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I sebesar 68,57 (ketuntasan belajar 67,67%) dan siklus II sebesar 77,62 (ketuntasan belajar 90,48%). Kesimpulan dari  penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan memahami kebebasan berorganisasisiswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020 serta model pembelajaran  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.


Full Text:

PDF

References


Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuber‐Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The learning organization.

Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85-98.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Astini, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Kelas VIIA Semester Ganjil Smp Negeri 1 Rendang Tahun Pelajaran 2018/2019. MEDIA BINA ILMIAH, 13(9), 1613-1618. doi: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i9.239

Dahni, A. (2018). Penerapan model kooperatif tipe nht untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas vi sd negeri 010 keresek kecamatan gunung toar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(2), 234-239.

Desvianti, D., Desyandri, D., & Darmansyah, D. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201-1211. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.504

Marli, S., & Halidjah, S. (2019). Pengaruh Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(4). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/32982

Mudana, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV Semester Ganjil SD Negeri 8 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 5(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Nasution, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas IV SD IT TQ Medan Tahun Ajaran 2019/2020. UNIMED,

Sakban, A., & Wahyudin, W. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18-24.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian tindakan kelas: Prenada Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 651 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.9998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.