Penerapan metode pembelajaran Kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan memahami kebebasan berorganisasi siswa kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.9998Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap kemampuan memahami kebebasan berorganisasi siswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020; (b) Ingin mengetahui bagaimanakah pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada siswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I sebesar 68,57 (ketuntasan belajar 67,67%) dan siklus II sebesar 77,62 (ketuntasan belajar 90,48%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan memahami kebebasan berorganisasisiswa Kelas V SDN Durenan 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
Downloads
References
Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuberâ€Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The learning organization.
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85-98.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Astini, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Kelas VIIA Semester Ganjil Smp Negeri 1 Rendang Tahun Pelajaran 2018/2019. MEDIA BINA ILMIAH, 13(9), 1613-1618. doi: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i9.239
Dahni, A. (2018). Penerapan model kooperatif tipe nht untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas vi sd negeri 010 keresek kecamatan gunung toar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(2), 234-239.
Desvianti, D., Desyandri, D., & Darmansyah, D. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201-1211. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.504
Marli, S., & Halidjah, S. (2019). Pengaruh Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(4). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/32982
Mudana, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV Semester Ganjil SD Negeri 8 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 5(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Nasution, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas IV SD IT TQ Medan Tahun Ajaran 2019/2020. UNIMED,
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18-24.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian tindakan kelas: Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â