PENGUATAN PANCASILA SEBAGAI THE LIVING IDEOLOGY MELALUI REVITALISASI PEMBELAJARAN PANCASILA DI ERA DISRUPSI

Nuswantari Nuswantari, Yusuf Fadlila Rachman

Abstract


Era disrupsi ditandai dengan sistem digital yang berkembang pesat, memberikan
dampak positif maupun negatif. Dampak positif ditandai dengan pesatnya inovasi ilmu
pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan kemudahan kehidupan
masyarakat. Namun dampak negatifnya dapat mempengaruhi pola pikir, sikap dan perilaku
masyarakat. Akhirnya dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, karena tidak sejalan
dengan etika dan norma yang berlaku di masyarakat. Generasi sekarang ini yang akrab
dengan teknologi digital tidak mampu membedakan antara informasi yang benar dan
informasi yang tidak benar atau palsu. Di sisi lain generasi ini masih sangat memerlukan
bimbingan untuk meyakini nilai-nilai dalam perkembangan pribadinya. Tujuan dari penulisan
karya ilmiah ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimanakah cara
menanamkan dan menguatkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Metode yang digunakan
adalah Library Research, diharapkan penulisan ini mampu membentuk generasi yang
berpribadi ke-Indonesiaan. Ditemukan salah satu cara untuk membentengi keyakinan dan
menanamkan pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara dengan memahamkan dan menguatkan nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi bangsa
melalui revitalisasi pembelajaran Pancasila yang sesuai dengan zaman generasi sekarang ini.


Full Text:

PDF

References


Ghifari, I. F. (2017). Radikalisme di Internet

Dalam Religious. Jurnal Agama dan

Lintas Budaya I, II , 123-124.

Gustilianto. (2017). Revitalisasi Nilai-nilai

Pancasila Melalui Pembelajaran

Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan dalam Upaya

Membangun Warga Negara yang

Baik. Prosiding Konferensi Nasional

Kewarganegaraan II (p. 387).

Yogyakarta: Universitas Ahmad

Dahlan.

Handoyo, E. (2018). Penguatan Integrasi

Nasional di era Disrupsi dalam

Perspektif Pancasila. Semarang: FIS

UNNES Semarang.

Kaelan, M. (2014). Pendidikan Pancasila.

Yogyakarta: Paradigma.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis :

an Introduction to its Methodology

(Second Edition). SAGE Publication.

Kristanto, A. M. (2017, Juni 27). The

Development of Instructional

Materials E-Learning Based on

Blended Learning. Retrieved from

International Education Studies 10:

http://www.ccsenet.org/journal/index

.php/ies/article/view/66040

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi

0. Jurnal Sunderman.

Mulyono. (2016). Pancasila Sebagai

Orthodoksi dan Ortopaksis dalam

Kehidupan Berbangsa dan

Bernegara. Jurnal Humanika , Vol

No 2. Hal. 44.Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8 No 2 Oktober 2020, hal 109-...

Avaliable online at : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship

Print ISSN: 2302-433X Online ISSN : 2579-5740

| Nuswantari & Rachman, Penguatan pancasila sebagai the living ideology melalui revitalisasi

pembelajaran pancasila…

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian.

Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurwardani, P. S. (2016). Pendidikan

Pancasila untuk Perguruan Tinggi.

jakarta: Ristekdikti Dirjend

Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Nuswantari. (2019). Pendidikan Pancasila

Membangun Karakter Bangsa.

Yogyakarta: deepublish.

Qodir, Z. (2018). Hibriditas Kultural dan

Radikalisme.

Sastrapratedja, M. (2001). Pancasila

Sebagai Visi dan Referensi Kritik

Sosial . Yogyakarta: Universitas

Sanata Dharma.

Sulianti, A. (2018 ). Revitalisasi Pendidikan

Pancasila dalam Pembentukan Life

Skill. Jurnal Citizenship Prodi

PPKN , Vol 6. No 2. Hal 112.

Sumardjoko, B. (2013). Revitalisasi NilaiNilai Pancasila Melalui

Pembelajaran PKN Berbasis Keaifan

Lokak untuk Penguatan Karakter dan

Jati Diri Bangsa . Jurnal Varia

Pendidikan , Vol. 25 No. 2 Hal. 112.


Article Metrics

Abstract has been read : 2086 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.7855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.