PERANAN UPACARA BENDERA HARI SENIN TERHADAP PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMPN 2 GENENG, KECAMATAN GENENG, KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Bima Hudi Pratama, Nuswantari Nuswantari, Budiyono Budiyono

Abstract


Perilaku siswa SMPN 2 Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi masih sangat kurang baik terutama dalam pendidikan karakter disiplin atau soal kedisiplinan pada dirinya, masih banyak siswa tidak taat terhadap peraturan sekolah contohnya adalah masih banyaknya siswa yang tidak disiplin dalam mengikuti upacara bendera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan upacara bendera hari senin terhadap pembinaan karakter disiplin siswa SMPN 2 Geneng,Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi Tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Geneng kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi.Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah Siswa,Guru dan Orang Tua menggunakan Angket online. Untuk menguji kebenaran penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan elemen dimasukkan dalam sampel tersebut representative atau mewakili populasi.Selanjutnya peneliti hanya mengambil kelompok kunci(key-areas) sebagai sampelnya yang berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai hubungan dengan sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan upacara bendera setiap hari senin sangatlah membantu dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMPN 2 Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, hal ini disebabkan juga  karena adanya  peran dari  Bapak ibu guru SMPN 2 Geneng dan Orang Tua yang selalu membimbing dan membina siswa siswi di sekolah maupun di rumah.


Full Text:

PDF

References


Adiatna Yoko. 2018.Pengertian, Maksud dan Tujuan Upacara Bendera Di Indonesia (Understanding, Purpose and Purpose of Flag CeremonyIn Indonesia)https://steemit.com/steemians/@yokodomc/pengertian-maksud-dantujuanupacara-bendera-di-indonesia-understandingpurpose-and-purpose-of-flag-ceremony-in-indonesia

Arijunto,2002:122. Dalam Arropi Hikmah.2015. Peranan Mts Al-Hidayah dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Masyarakat.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Djam'an Satori, M.A & Aan Komariah, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2011), hal. 25. Dalam Farid Mahruz. 2015. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membantu Siswa Kurang Percaya Diri Akibat Keadaan Ekonomi Yang Rendah Melalui Terapi Pembiasaan Dzikir (Study Kasus Siswa X di MA Bahauddin Sepanjang Sidoarjo).Skripsi.Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (Ftk). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Friska Budrisari. 2014. “Study Ethnomathematics Mengungkap Aspek-Aspek Matematika Pada Penentuan Hari Baik Aktivitas Sehari-Hari Masyarakat Adat kampung Kuta Di Ciamis Jawa Barat”.Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Indri Primavera. 2017. “Peran Upacara Bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab dan semangat kebangsaan peserta didik”. Skripsi. Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Samani Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract has been read : 1132 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.7713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.