Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Kebijakan Publik

Ardhana Januar Mahardhani

Abstract


Kebijakan publik merupakan segala bentuk peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Kebijakan publik tidak bisa terlepas dari berbagai kepentingan dari banyak pihak, oleh karenanya dalam kebijakan publik juga tidak terlepas dari adanya ilmu politik. Tulisan ini akan menunjukkan persepsi dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan adanya mata kuliah kebijakan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat bantu pengumpulan data adalah kuesioner. Hasil yang telah didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat persepsi mahasiswa dalam keberadaan mata kuliah kebijakan publik sangat baik. Banyak faktor yang menjadikan mahasiswa antusias terhadap keberadaan mata kuliah kebijakan publik, diantaranya adalah tuntutan pekerjaan yang akan dilakukan oleh mahasiswa ketika lulus, selain menjadi seorang pendidik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP/SMA/sederajat mereka juga akan bekerja pada lembaga lain seperti pada lembaga pemerintahan dan non pemerintah serta  pada bagian-bagian yang strategis seperti perencana program dan analis kebijakan.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Irfan Zinat dan Aria Kusuma Yuda. Persepsi Mahasiswa PJKR Pada Mata Kuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli di Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pedagogik Olahraga Volume 3 Nomor 2 Juli-Desember 2017

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Anderson, James E. 1984. Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston

Arifin, HS. Ikhsan Fuady, Engkus Kuswono. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. Volume 21 Nomor 1 Tahun 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.21.1.936

Dye, Thomas R. 1995. Understanding Public Policy. New Jersey: Prentice Hall.

Hadi, Sutrisno. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Hamka. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Listyana, Rohmaul dan Yudi Hartono. 2015. Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Penentu Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Jurnal Agastya Volume 5 Nomor 1 Januari 2015. DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.898

Mahardhani, Ardhana Januar. 2018. Advokasi Kebijakan Publik. Ponorogo: Calina Media.

Rusdiana. 2015. Kebijakan Pendidikan: dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia

Sunarto. Sulton. dan Ardhana Januar Mahardhani. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Materi Pendidikan Politik bagi Guru PPKn MTs di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2019

Walgito, Bimo. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Article Metrics

Abstract has been read : 189 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.6606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.