PERANAN KOMUNITAS SOSIAL BAGI PEMBUDAYAAN KARAKTER: STUDI KASUS PADA KOMUNITAS DEAF VOLUNTEERING ORGANIZATION DI KOTA SURAKARTA

Siti Kholifatun Nikmah, Yulianto Bambang Setyadi, Wibowo Heru Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya pembudayaan karakter peduli sosial dan bersahabat pada anggota komunitas Deaf Volunteering Organization di Kota Surakarta. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari ketua, anggota komunitas, volunteer, orang tua, dan kelompok tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk menguji validitas data digunakan dua validasi, yaitu triangulasi teknik dan sumber data, sedangkan analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas Deaf Volunteering Organization di Kota Surakarta dapat membudayakan karakter peduli sosial dan bersahabat pada anggota melalui Kelas Bahasa Indonesia, Iqra’, dan Makrab. Beberapa hambatan muncul diantaranya yaitu keterbatasan kemampuan Bahasa Isyarat antara anggota dan para tunarungu, serta konsistensi keterlibatan volunteer dalam berbagai kegiatan. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut, komunitas ini mengupayakan peningkatan kemampuan Bahasa Isyarat kepada para anggota dan volunteer. Berbagai program dalam komunitas Deaf Volunteering Organization berpeluang membudayakan karater peduli sosial dan bersahabat melalui interaksi dan keterlibatan langsung dengan para tunarungu.


Keywords


Karakter, Peduli Sosial, Bersahabat, dan Komunitas

Full Text:

PDF

References


Ali, M. A. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston, MA Pearson.

Cuciureanu, S. M. (2014). Opportunities and Risks of Globalization in Rural Areas. Case Study: Botosani County. CES Working Papers. Romania: Alexandru Loan Cuza University of Lasi.

Fazira, A. (2018). Peranan Komunitas Halaman Dalam Pengembangan Karakter Masyarakat Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Skripsi S1. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Kusningsih, S. H. (2016). Kontribusi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Membangun Jati Diri Siswa. (http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/09/Membangun-Jati-Diri-Siswa-Melalui-Pendidikan -Karakter-Bangsa.pdf). Diakses pada tanggal 25 Oktober 2019 pukul 07.13 WIB.

Miles, B. M., dan Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Normiyanto. (2017). Peran Volunteer Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Disanilitas Rungu. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Nurmalisa, Y., & Adha, M. M. (2016). Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 64-71.

Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila untuk membentuk mahasiswa Prodi PPKn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111-124.

Prasetiyo, W. H., & Budimansyah, D. (2016). Warga Negara dan Ekologi: Studi Kasus Pengembangan Warga Negara Peduli Lingkungan dalam Komunitas Bandung Berkebun. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(4), 177-186.

Purwaningsih, I. D. (2017). Peran Komunitas bagi Nasi Pagi Magelang dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Social Studies, 6(3), 315-328.

Rachman, A. M. (2019). Metode Dakwah Gerkatin Surakarta melalui Program Deaf Muslim. Skripsi S1. Surakarta: IAIN Surakarta.

Ramadhan, D.S. (2018). Kerjasama Organisasi Save the Children dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Meningkatkan Pendidikan Inklusif Kaum Disabilitas. Skripsi S1. Bandung: Universitas Pasundan.

Rita, M. D., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Peranan KPU dalam sosialisasi pemilukada kepada penyandang disabilitas di kota Bandar lampung. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(1).

Roziqi, M. (2019). Perlawanan Siswa Disabilitas Korban Bullying. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 7-27.

Samani, M, dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 80-88.

Shofa, A. M. I. A., Riyono, B., & Giyarsih, S. R. (2016). Peran Pemuda dalam Pendampingan Mahasiswa Difabel dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 199-216.

Sifa, L. (2015). Implementasi Karakter Bersahabat dan Peduli Sosial pada Siswa SMP (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi S1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulhan, N. (2011). Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Sinergi Sekolah dengan Rumah. Surabaya: Jaring Pena.

Suneki, S. (2012). Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah. Jurnal Ilmiah Civis,Vol. 2 No. 1 Januari 2012. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Suwanto, A. H. (2018). Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial pada Siswa Kelas Atas MI Muhammadiyah Bolon. Skripsi S-1. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.

Widodo, A., & Puspitasari, C. D. (2019). Pendampingan Advokasi terhadap Disabilitas Perempuan Korban Kekerasan oleh CIQAL. E-Civics, 8(7), 668-680.

Yulisnaini, E. (2018). Peran Komunitas Young Voice dalam Pemberdayaan Disabilitas di Kota Banda Aceh. Skripsi S1. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16-31.


Article Metrics

Abstract has been read : 186 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.6265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.