IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 MLARAK, KECAMATAN MLARAK, KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka dan implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 1 Mlarak, Kecamatan Malarak, Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif. Dengan cara menemukan kajian di lapangan tentang pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka dan implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 1 Mlarak, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian, pramuka mengajarkan nilai karakter kepada peserta didik. Adapun nilai karakternya yaitu religius, disiplin, tanggung jawab, cinta tanah air, kreatif, bersahabat/komunikatif, kerja keras, dan mandiri. Nilai karakter religius nampak pada saat akan memulai dan mengakhiri kegiatan dengan doa dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai karakter disiplin diwujudkan pada saat materi PBB dan kemah. Nilai karakter tanggung jawab diajarkan pada saat PBB, pionering, dan pembuatan yel-yel. Nilai karakter cinta tanah air diwujudkan dengan pemberian materi tentang sejarah pramuka, moto, lambang, dan salam gerakan pramuka dalam latihan pramuka. Nilai karakter kreatif diwujudkan dengan kegiatan pioneering. Nilai karakter bersahabat/komunikatif Nampak pada saat kegiatan pionering, pembuatan yel-yel, sandi, semaphore, survival, dan kemah. Nilai karakter kerja keras diajarkan pada saat survival, dan kemah. Serta nilai karakter mandiri diajarkan pada saat kemah. Pembiasaan penanaman nilai karakter pada kegiatan pramuka juga diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun nilai karakter yang nampak yaitu religius, disiplin, tanggung jawab, cinta tanah air, kreatif, bersahabat/komunikatif, kerja keras, dan mandiri. Serta adanya integrasi antara materi-materi pelajaran khususnya melalui mata pelajaran PPKn kelas VII dengan pelaksanaan nilai karakter melalui kegiatan pramuka dan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Mlarak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 2011. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir nasional gerakan pramuka
Kompas.2017.http://regional.kompas.com/read/2018/02/03/10041991/penganiayaan-guru-oleh-siswa-di-sampang-begini-kronologinya
Moleong, Lexy, J. 2007.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. 2014. Kepramukaan Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wiyono, Bambang, Budi. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Woro, Sri, & Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuer Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 1, April 2016
Article Metrics
Abstract has been read : 3639 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v7i1.4202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
citizenship indexed by:
View My Stats
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.