ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018)

Authors

  • Prihma Sinta Utami Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.25273/citizenship.v7i1.3725

Keywords:

Pendidikan multikultural, Rasisme, Kebudayaan, Perguruan Tinggi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian tentang analisis pelaksanaan pendidikan multikultural pada pembelajaran di Perguruan Tinggi study kasus pada prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya internalisasi pendidikan multikultural melalui 5 dimensi James A.Banks, yaitu: 1) Content Integration nampak pada integrasi budaya melalui sebaran mata kuliah, 2) Knowladge Construction melalui pemahaman kebudayaan nusantara melalui kegiatan observasi lapangan terkait satu budaya tertentu, 3) An Equity Pedagogy nampak pada keterlibatan mahasiswa dalam pembuatan history project , 4) Prejudice Reduction meminimalisir sikap rasis mahasiswa melalui penerapan metode diskusi aktif, 5) An Empowering School Culture tergambar pada kegiatan akademis melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan seminar, lomba kebangsaan serta kegiatan sosial di kampus atau diluar kampus untuk non akademis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banks, James A. (2002). Anintroduction to Multicultural Education. Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Banks, James A. (2009). The Routledge Internasional Companion to Multicultural Education. New York: Routledge.

Banks, James A. (2014). The Canon Debate, Knowladge Construction, and Multikultural Education. American Educational Research Association Vol.22, No.5, 4-14

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Approaches (3rd Edition). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.2307/1523157

Mahfud, Choirul. (2011). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukminan; Wulandari, Taat; Saliman (2014). Model Pendidikan Multikultural Di Sekolah Pembaruan Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th.XXXIII, No.3.

Suryana, A., & Rusdiana, A. (2015). Pendidikan Multikultural. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2019-06-21

Issue

Section

Articles