ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018)
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v7i1.3725Keywords:
Pendidikan multikultural, Rasisme, Kebudayaan, Perguruan TinggiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian tentang analisis pelaksanaan pendidikan multikultural pada pembelajaran di Perguruan Tinggi study kasus pada prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya internalisasi pendidikan multikultural melalui 5 dimensi James A.Banks, yaitu: 1) Content Integration nampak pada integrasi budaya melalui sebaran mata kuliah, 2) Knowladge Construction melalui pemahaman kebudayaan nusantara melalui kegiatan observasi lapangan terkait satu budaya tertentu, 3) An Equity Pedagogy nampak pada keterlibatan mahasiswa dalam pembuatan history project , 4) Prejudice Reduction meminimalisir sikap rasis mahasiswa melalui penerapan metode diskusi aktif, 5) An Empowering School Culture tergambar pada kegiatan akademis melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan seminar, lomba kebangsaan serta kegiatan sosial di kampus atau diluar kampus untuk non akademis.
Downloads
References
Banks, James A. (2002). Anintroduction to Multicultural Education. Boston-London: Allyn and Bacon Press.
Banks, James A. (2009). The Routledge Internasional Companion to Multicultural Education. New York: Routledge.
Banks, James A. (2014). The Canon Debate, Knowladge Construction, and Multikultural Education. American Educational Research Association Vol.22, No.5, 4-14
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Approaches (3rd Edition). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.2307/1523157
Mahfud, Choirul. (2011). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mukminan; Wulandari, Taat; Saliman (2014). Model Pendidikan Multikultural Di Sekolah Pembaruan Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th.XXXIII, No.3.
Suryana, A., & Rusdiana, A. (2015). Pendidikan Multikultural. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â