REVITALISASI PEMBANGUNAN KARAKTER DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

J.Agung Indratmoko, Khairul Ahmadi, Catur Yunianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan manajemen pembelajaran dapat memberikan dampak pada pembangunan karakter dan bagaimana hasil dari peningkatan pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran kewarganegaraan. Model desain yang digunakan adalah analisis ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi). Objek analisis adalah guru dan siswa SMP Negeri 11 Jember. Hasil analisis menunjukkan bahwa, pertama Kepala Sekolah SMPN 11 Jember menunjukkan kesiapan yang sangat matang dalam meningkatkan kinerja setiap individu guru melalui program pelatihan, workshop, seminar dan kegiatan lain untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik agar belajar dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Kedua, pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran Kewarganegaraan dapat dikatakan berhasil, karena adanya peningkatan nilai rata-rata yang semula 37,11 menjadi 44,91. Selain itu analisis menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran kewarganegaraan.


Keywords


Pembangunan Karakter, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Appley A, Lawrence dan Oey, Liang, Lee. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto.S, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aryadi, Mahrus. 2010. Metode Menafsir Data Kualitatif (Makalah). Banjarbaru: Unlam.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathoni, Ahmad. 2015. Pembelajaran Berbasis Karakter. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/.

Masrukhi. 2008. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembangun Karakter. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muchji, Achmad; Subiyakto, Gatot; Mugimin, Herru; Raharja, Mei; dan Sangabakti, Sangsang. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Putra, Nusa dan Lestari, Ninin, Dwi. 2013. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2013.Penelitian Tindakan Kelas.Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Septikasari, Zela. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. ISBN: 978-602-70471-1-2.

Sobry, M., Sutikno. 2012. Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul. Lombok: Holistica.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945.


Article Metrics

Abstract has been read : 1688 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v7i1.3417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.