PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA

Teguh Wiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi siswa dan kreativitas belajar  terhadap hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian survey yang berproses kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi asosiatif kausal, melalui sampel acak sebanyak 30 responden siswa kelas XI dari populasi sebanyak 140 siswa kelas XI SMK Swasta Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi Siswa dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh cukup terhadap Hasil Belajar di SMK Swasta di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,723. Besarnya pengaruh motivasi siswa dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa yakni mencapai sekitar 52,20%. Melihat besarnya pengaruh motivasi siswa dan kreatifitas belajar terhadap hasil belajar maka guru dan orang tua hendaknaya selalu memotivasi siswa dan memacu kreatifitasnya dalam belajar guna meningkatkan hasil belajarnya.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Bigge, Morris L. Learning Theories for Teachers. New York: Harper and Row, 2002.

Durden, William G. “Rediscovering Self-Relience in Education: The Optimal Match”. Phi DeltaKappa, v 77, November 2005.

Dwi Prayitno, Penelitian Diskreptif, Jakarta : Aneka Ilmu, 2012

Effendi, E. Usman. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa, 2004.

Felder, Richard Navigating the Bumpy Road to Student-Cenrtered Instruction. College teaching v 44 Spring), 2006.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

House, Daniel J. “Relationship between Learner Attitude, Prior Achievement, and Performance in a General Education Course”. Interntional Journal of Instructional Media v 23 no 3, 2006.

Makmun, Abin Syamsuddin. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya. 2001.

Mar’at, Samsunuwiyati. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

McCombs, Barbara L. “Understanding the Keys to Motivation to Learn”. Internet, Kid Source Online, h. 1, diakses tanggal 12 Januari 2016.

McCombs, Barbara L. Understanding the Keys to Creativity to Learn. http://www.mcrel.orq/barbaran.asp, Internet, diakses tanggal 12 Januari 2016.

McDonald, Frederick. Educational Psychology (Becaming an Educator). Boston: Houghton Mifflin Company, 2001.

Moh. Nasir, Metodologi Penelitian, Jakarta : BSI, 2003

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda Karya, 2010.

Munandar, Utami. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan potensi Kreatif dan


Article Metrics

Abstract has been read : 24 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.