Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural
DOI:
https://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.2370Keywords:
Pendidikan multikulturan, Pancasila, pendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) urgensi Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural didalam negara yang plural; 2) kebijakan implementasi multikulturalisme dalam institusi pendidikan; 3) nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan multikultural. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, bentuk penelitian yang digunakan analisis isi (content analysis), maka pelaksanaannya mengacu pada prosedur analisis isi. Pada metode penelitian, mengembangkan dua langkah atau prosedur, yaitu pengadaan data dan validasi data. Hasil dari kajian dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki wilayah sangat luas yang didalamnya terdapat berbagai keanekaragaman seperti: agama, budaya, etnik, suku, bahasa, serta banyak lagi. Dari keaanekaragaman tersebut dapat memberikan tantangan bagi bangsa Indonesia seperti perpecahan. Oleh karena itu, diperlukan upaya mendasar untuk memperkuat dan memperkokoh kemajemukan yang ada. Melalui pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural.
Downloads
References
Choirul, Machfud. 2005. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isnarni, Moeis. 2013. Pendidikan Multikulturalisme Transformatif. Integritas Moral. Dialog dan Adil. Padang: UNP Press
Khairiah. 2020. Multikultural dalam Pendidikan Islam. Bengkulu: Zigie Utama
Slamet. (2016). Penerapan Nilai-nilai Multikultural dalam Institusi Pendidikan. Majalah Pawiyatan, Vol: XXIII, No. I, Mei 2016
Slamet. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Nilai-nilai Multikultural bagi Guru Sejarah SMA, Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Slamet. (2019). Nilai-Nilai Multikulturalisme: Sebuah Implikasi & Tantangan Negara-Bangsa Indonesia ke Depan. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Mayarakat IV Tahun 2019
Tilaar. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan Suatu Tinjauan dan Perspektif Studi Kultural. Jakarta: IndonesiaTera
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Citizenship Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Citizenship.
Citizenship has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.Â
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Siska Diana Sari, S.H M.H
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : citizenship@unipma.ac.idÂ
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â