STRATEGI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK

Lisa Retnasari, Suharno Suharno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) proses, (2) strategi, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan karakter kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah Boarding Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri atas ketua yayasan, kepala sekolah, guru mata pelajaran, pembina asrama, dan pembina ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Keabsahan data diperoleh dengan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data induktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembiasaan karakter kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dilakukan secara menyeluruh (holistic), melalui proses kegiatan pembelajaran, kultur sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan bermasyarakat; (2) strategi pembiasaan karakter kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dilaksanakan melalui pemberian nasihat, pembiasaan akhlak yang baik, adanya penghargaan dan sanksi, serta keteladanan guru (ustaz/ustazah); dan (3) faktor pendukung pembiasaan karakter kewarganegaran  terdiri atas faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa tata tertib dan kultur sekolah, dukungan dan kerja sama yang baik antarseluruh warga sekolah, dan dukungan orang tua, serta faktor eksternal berupa dukungan dan kerja sama antar pihak sekolah dan masyarakat. Faktor penghambat terdiri atas minimnya sarana dan prasarana, jumlah proporsi yang tidak seimbang antara jumlah pembina dan peserta didik, pembiayaan, dan karakter peserta didik dengan latar belakang keluarga yang berbeda.

Full Text:

PDF

References


Abd A’la.(2006). Pembaruan pesantren. Yogyakarta:

Pustaka Pesantren.

Abdul Majid. (2011). Pendidikan karakter persepektif

Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akhmad Muhaimin Azzet. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Cogan, J.J. (1991). Developing the civic society: the role of civic education. Bandung: CICED.

Creswell, J. (2013). Research design qualitative, quantitative, and mixed Approaches. California: Sage Publications.

Darmiyati Zuchdi, dkk. (2006). Pemetaan implementasi pendidikan karakter di SD, SM, dan SMA di Kota Yogyakarta. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakrta.

Doni Purnomo. (25 Januari 2012). Pengertian pendidikan karakter. Diambil pada 15 Oktober 2015 pada pukul 21.00 WIB dari http://dony.blog.uns.ac.id/2012/01/25/pengertian-pendidikan-karakter/.

Kardiman, Y. (2008). Membangun kembali karakter bangsa melalui situs-situs kewarganegaraan. Bandung: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Acta Civicus. Vol. 2. No. 2.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for character:

how our school can teach respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

______________. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik peserta didik menjadi pintar dan baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Maksudin. (2013). Pendidikan Islam alternatif: membangun karakter melalui sistem boarding school. Yogyakarta: UNY Press.

_______.(2013). Pendidikan karakter nondikotomik (upaya membangun bangsa Indonesia seutuhnya). Jurnal pendidikan karakter Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Marzuki, M., & Feriandi, Y. A. Pengaruh Peran Guru Ppkn dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Tindakan Moral Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 193-206.

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidemensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna Megawangi. (2004). Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

_______________. (2007). Semua berakar pada pendidikan karakter. Jakarta: Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Pengembangan peserta didik.Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1388 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.