PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA (Studi Etnografi Pada Komunitas Hong Dago Bandung)

suarifqi diantama

Abstract


Permainan tradisional memiliki nilai dan mengandung unsur-unsur pendidikan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terdapat didalam permainan tradisional sunda yang ada di Komunitas Hong Dago Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi etnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter dalam permainan tradisional sunda pada dasarnya berupa nilai-nilai kebaikan seperti kejujuran, kedisiplinan, kepatuhan, keindahan, kebersamaan, toleransi, tenggang rasa, tanggung jawab, kepemimpinan, kesadaran, kearifan, kekuatan fisik, dan sportifitas. Proses pengembangan karakter berpijak pada aspek mengenal alam, mengenal lingkungan, dan mengenal Tuhan, dilakukan dengan upaya memperkenalkan, memahami, dan mengajarkan melalui cara pembiasaan dan keteladanan.


Keywords


Permainan Tradisional, Karakter Bangsa

Full Text:

PDF

References


Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Cresswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan (Penerjemah: Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harmawati, Y., & Abdulkarim, A. (2016). Nilai budaya tradisi Dieng Culture Festival sebagai kearifan Lokal untuk Membangun karakter bangsa. Journal of Urban Society's Arts, 3(2), 82-95.

Soelaeman, Mundandar. (2010). Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: Eresco

Tilaar, H.A.R. (2007). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Tulolli, Nani. (2003). Dialog budaya wahana pelestarian dan pengembangan kebudayaan bangsa. Jakarta: Mitra Sari.


Article Metrics

Abstract has been read : 1431 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.