PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

J. AGUNG Indratmoko

Abstract


Studi  penelitian ini didahului dengan timbulnya suatu permasalahan bahwa, adakah pengaruh globalisasi terhadap kenakalan remaja di desa Sidomukti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh globalisasi terhadap kenakalan remaja. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah globalisasi dengan kenakalan remaja. Sedangkan untuk memperoleh data konkrit dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode interview,  metode dokumenter, dan metode observasi yang kemudian dalam pengolahan data untuk memecahkan permasalahan tersebut diatas menggunakan analisa statistik dan rumus Chi Kuadrat yaitu dengan memperoleh hasil tabel = 3,841 dengan taraf signifikasi 5 , dan hasil perhitungan = 26,38, sehingga hasil perhitungan lebih besar daripada tabel taraf signifikansinya. Dari hasil analisa statistik tersebut ternyata dapat disimpulkan antara globalisasi dengan kenakalan remaja di desa Sidomukti, ada pengaruh. Pengaruhnya sebagai berikut: = 26,38: KK=0,456 tergolong kategori sedang.

Studi  penelitian ini didahului dengan timbulnya suatu permasalahan bahwa, adakah pengaruh globalisasi terhadap kenakalan remaja di desa Sidomukti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh globalisasi terhadap kenakalan remaja.Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah globalisasi dengan kenakalan remaja. Sedangkan untuk memperoleh data konkrit dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode interview,  metode dokumenter, dan metode observasi yang kemudian dalam pengolahan data untuk memecahkan permasalahan tersebut diatas menggunakan analisa statistik dan rumus Chi Kuadrat yaitu dengan memperoleh hasil tabel = 3,841 dengan taraf signifikasi 5, dan hasil perhitungan = 26,38, sehingga hasil perhitungan lebih besar daripada tabel taraf signifikansinya. Dari hasil analisa statistik tersebut ternyata dapat disimpulkan antara globalisasi dengan kenakalan remaja di desa Sidomukti,ada pengaruh. Pengaruhnya sebagai berikut: = 26,38: KK=0,456 tergolong kategori sedang.


Keywords


Globalisasi; Kenakalan Remaja

Full Text:

PDF

References


Abu Achmadi. 2009, Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aim Abdulkarim. 2007, Kewarganegaraan SMA kelas XII. Bandung: PT. Grafindo Media Pratama.

Basri, Hasan. 2004. Remaja Berkualitas; Problematika Remaja Dan Solusinya. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Budiyanto. 2005. Kewarganegaraan SMA kelas XII. Jakarta: PT. Erlangga.

Budiwibowo, S. (2016). REVITALISASI PANCASILA DAN BELA NEGARA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 565-585.

Idianto M. 2004. Sosiologi SMA kelas X. Jakarta: PT. Erlangga.

Singgih D. Gunarsa. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Sudarsono. 2008. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2006, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2009, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sujiyanto. 2007. Praktik Belajar Kewarganegaraaan SMA kelas XII. Jakarta: Ganeca Exact.

Sumiharsono, Rudy. 2009. Metodologi Penelitian. Jember: IKIP PGRI.

Sumiharsono, Rudy. 2009. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: IKIP PGRI.

Sumiharsono, Rudy. 2008. Statistik Pendidikan. Jember: IKIP PGRI.

UU sisdiknas. Bandung: PT. Fokos Media.

W. J. S. Poerwadarminta, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 82 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.