EFEKTIVITAS PERAN DAN KEDUDUKAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA (STUDI KASUS DI DESA PULOSARI, KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO) MASA JABATAN 2012 – 2017

Pono Pono, Pryo Sularso, Indriyana Dwi Mustikarini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peran dan kedudukan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2012-2017 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan serta hasilnya yang sesuai dengan fungsi dan peran daripada Badan Permusyawaratan Desa itu sendiri Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu memusatkan perhatian pada masalah aktual fungsi dan peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan desa. Perolehan data pada penelitian ini melalui tehnik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode pengelolaan data dengan menganalisis data yang diperoleh dari lapangan berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mendapat temuan baru yang berupa simpulan dari peran dan kedudukan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan desa. Data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif. Data yang dianalisis yaitu data tentang perencanaan, dan pelaksanaan peran dan kedudukan Badan Permusyawaratan Desa. BPD Desa Pulosari sudah menjalankan peran dan kedudukanya dengan baik dalam pembanguan desa, yaitu bisa dilihat dari keefektivan BPD yang selalu memberikan masukan dan ide-ide dalam upaya pembangunan desa serta melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik. Ini terbukti dari sudah terealisasinya program-program pembangunan yang sudah di selesaikan dengan sesuai rencana. Semua pembangunan itu dilaksanakan secara bertahap karena adanya kendala keterbatasan dana. Namun pada akhirnya masalah keterbatasan dana itu bisa diminimalisir dan bantuan-bantuan yang diperoleh desa seperti bantuan dana dari kabupaten, PNPM Mandiri, dan swadaya dari masyarakat. Jadi bisa disimpulkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa dalam hal ini yang dipimpin oleh Drs. Mansur dengan masa jabatan 2012-2017 bisa dikatakan telah menjalankan fungsi dan perannya dalam pembangunan dengan cukup baik dan telah meningkatkan pembangunan di Desa Pulosari. 


Keywords


Peran dan Kedudukan BPD; Pembangunan Desa

Full Text:

PDF

References


Amin Suprihantini. 2007. Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Klaten: Cempaka Putih.

Aprillia Theresia, dkk. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung : Alfabeta.

Azam Awang. 2010. Implementasi Pemberdayaan Pemerintahan Desa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Hanif Nurcholis. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga.

Husein Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Huvat. 2015. Efektivitas Kerja Fasilitator Dalam Pelaksanaan Program PNPM Di Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam ULU (eJurnal). (http://eJurnal.pin.or.id/ eJurnal Pemerintahan Integratif, 2015, (3):76-87 ISSN 2337-8670). Diunduh 20 Maret 2017).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian Efektifttas. (Online), /http://caripengertian.com/2014/04/kumpulan-teori- efektifita-s.html. Diunduh 25 Maret 2017).

Lexy J. Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moch. Solekhan. 2012. Penyelenggaraan pemerintahan desa. Malang : Setara Press.

Rahardjo Adisasmita. 2013. Pembangunan Perdesaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Raharwindy, dkk. Efektivitas Penyelenggaraan E-Goverment Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang ( Jurnal ). Malang : Universitas Brawijaya. (http://Jurnal.ub.or.id/ Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.3, No. 12, Hal. 2145 - 2151 2015, (3):76-87 ISSN 2337-8670). Diunduh 20 Maret 2017).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi ( Mixed Methode). Bandung: Alfabeta.

Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Unang Sunardjo. 1984. Pemerintahan Desa Dan Kelurahan. Bandung : TARSITO.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. (http://hukumonline.com, Diunduh 20 Maret 2017).

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. (http://hukumonline.com, Diunduh 20 Maret 2017).


Article Metrics

Abstract has been read : 193 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.