DISKURSUS PENDIDIKAN KRITIS (CRITICAL PEDAGOGY) DALAM KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ari Setiarsih

Abstract


Pada abad ke-21 manusia menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan global yang semakin kompleks. Pada konteks inilah Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran yang penting dan strategis untuk menyiapkan warga negara muda dalam menghadapi perubahan zaman. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan perlu dikonstruksi secara humanis, kritis, demokratis, dan mengedepankan aspek budi pekerti untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kehidupan masyarakat demokratis. Dalam konsepsi Giroux, Pendidikan Kewarganegaraan yang dilandasi teori kritis dapat dibangun melalui 3 model rasionalitas yaitu rasionalitas teknis, rasionalitas hermeunetik dan rasionalitas emansipatori. Ketiga bentuk rasionalitas tersebut menekankan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dikonstruksi melalui metode dialogis dan peran guru sebagai pendidik transformatif sehingga peserta didik dapat berperan sebagai subjek pendidikan yang memiliki otonomi dan kebebasan. Dengan demikian dapat terwujud peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis untuk menjadi warga negara tranformatif yang aktif terlibat dalam kehidupan masyarakat dan menjunjung tinggi persamaan serta keadilan dalam masyarakat demokratis.


Keywords


Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kritis.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2016). Optimalisasi Peran Sekolah dalam Membangun Karakter. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Optimalisasi Peran Keluarga dan Sekolah dalam Pembangunan Karakter Anak, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Malang, 1 September.

Banks, J. A. (2008). Diversity, Goup Identity, and Citizenship Education in A Global Age. Educational Researcher,37 (3), 129-139.

Cogan J.J. (1998). Citizenship Education For The 21st Century: Setting The Context. Dalam J. J. Cogan & R. Derricott (Eds.), Citizenship Education for the 21st Century: An International Perspective on Education. London: Kogan Page.

Giroux, Henry A. (1980). Critical Theory and Rationality in Citizenship Education, Curriculum Inquiry. Amerika Serikat: Boston University.

Hidayat, Rakhmat. (2013). Pedagogi Kritis: Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Jakarta: Rajawali Pers.

Karim, Muhammad. (2009). Pendidikan Kritis Transformatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Kerr, David. (1999). Citizenship Education: An International Comparison. International Review of Curriculum and Assessment Frameworks Paper 4. London: QCA.

McLaren. (2002). Contesting Capital: Critical Pedagogy and Globalism, A Response to Michael Apple. Journal Comparative Education, Columbia University, 1 (2), 27-34.

Mustaghfiroh, Hikmatul. (2014). Hidden Curriculum dalam Pembalajaran PAI. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (1), 147-162.

Nuryatno, M. Agus. (2011). Mazhab Pendidikan Kritis. Yogyakarta: Resist Book.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Print, Murray et al. (1999). Civic Education for Civil Society. London: Asian Academic Press.

Rostitawati, Tita. (2014). Konsep Pendidikan John Dewey. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2), 133-139.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara: Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CV Alfabeta.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S. & Dasim Budimansyah. (2012). PKn Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 10663 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.